Inilah 10 Santri Finalis Musabaqah Qawaid Fiqhiyyah RMI PBNU

Inilah 10 Santri Finalis Musabaqah Qawaid Fiqhiyyah RMI PBNU
Pengurus dan peserta rakernas RMI PBNU pose bareng beberapa waktu lalu. Foto: source for JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Rabithah Ma'ahid Islamiyyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) menyelenggarakan Musabaqoh Syarh Qawa'id Fiqhiyyah dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional 22 Oktober 2022.

Musabaqah ini merupakan salah satu upaya RMI PBNU mengembangkan khazanah keilmuan dan melestarikan nilai-nilai ajaran pesantren.

Kegiatan yang dimulai sejak 18 hingga 20 Oktober ini diikuti oleh 110 pondok pesantren dengan jumlah 337 peserta, memperebutkan Piala Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU).

"Pemahaman yang matang terhadap qawa'idul fiqhiyyah dapat mendorong santri bersikap moderat, cara berpikir damai dalam menyikapi masalah-masalah keumatan, baik sosial, politik, ekonomi, budaya yang terus berkembang di tengah-tengah masyarakat," kata Wakil Ketua RMI PBNU KH Hodri Ariev.

Ajang berskala nasional ini menitikberatkan pada kemampuan santri dalam muhafadzah, tahqiq, dan tathbiq dari berbagai macam qawa'idul fiqhiyyah yang telah dikodifikasi oleh ulama-ulama salaf.

"Momentum Musabaqah Syarh Qawaid Fiqhiyyah ini juga dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, menjadi ajang silaturahmi dan konsolidasi, serta membangun jaringan santri secara nasional," kata Kiai Hodri.

Dari 337 peserta telah diseleksi menjadi sepuluh pemilik nilai tetinggi kategori santri putra dan putri. Mereka akan dipertemukan secara kompetitif dalam final yang akan diselenggarakan hari ini di Gedung PBNU Jl Kramat Raya No 164 Jakarta Pusat.

Final akan dilaksanakan sebagai tahap akhir penentuan juara 1, peringkat kedua dan ketiga, juga Harapan 1 dan Harapan 2.

Menjelang Hari Santri, RMI PBNU menggelar final Musabaqoh Syarh Qawa'id Fiqhiyyah di kantor PBNU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News