JPNN.com

Inilah 18 Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2019, Jambi jadi Juara Umum

Jumat, 22 November 2019 – 22:16 WIB Inilah 18 Pemenang Anugerah Pesona Indonesia 2019, Jambi jadi Juara Umum - JPNN.com
Malam penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2019, di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (22/11). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Jumat (22/11). Terdapat 18 kategori diberikan di dalam penghargaan API 2019 ini.

Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural Kemenparekraf Guntur Sakti menyebut API merupakan acara yang positif. Sebab, melalui API wisata di daerah menjadi dikenal publik.

"Harapannya ajang ini menjadi cara efektif dalam mempromosikan berbagai objek dan destinasi wisata populer di tanah air," ujar Guntur Sakti saat berpidato di acara API, Jumat.

Di sisi lain, Ketua Panitia Penyelenggara API 2019 Hiro Kristianto menuturkan, penyelenggaan API bertujuan mendorong peran serta berbagai pihak terutama pemerintah daerah (Pemda) untuk mempromosikan pariwisata di daerahnya masing-masing.

“Melalui ajang API kami ingin mengangkat dan memopulerkan seluruh potensi pariwisata Indonesia dari perkotaan hingga yang ada di pelosok desa," kata Hiro Kristianto, Jumat.

Indonesia, kata dia, mempunyai beragam jenis wisata populer di daerah. Beberapa masih bisa dikembangkan seperti destinasi wisata budaya, wisata alam, wisata buatan, wisata halal, wisata sejarah, wisata kuliner, hingga atraksi petualangan, festival pariwisata, destinasi wisata belanja, seni dan kreativitas.

"Objek dan wisata terpopuler ini masing-masing kami beri penghargaan yang terbagi dalam 18 kategori,” tutur dia.

Proses seleksi objek wisata yang masuk dalam nominasi dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan banyak stakeholder. Masyarakat dilibatkan sebagai pemilih untuk menentukan pemenang masing-masing kategori lomba.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...