Minggu, 16 Juni 2019 – 10:18 WIB

Inilah 4 Aromaterapi yang Menyehatkan Tubuh

Kamis, 21 Februari 2019 – 10:56 WIB
Inilah 4 Aromaterapi yang Menyehatkan Tubuh - JPNN.COM

jpnn.com - Saat ini, aromaterapi banyak digunakan sebagai perawatan alternatif untuk berbagai kondisi kesehatan. Mulai dari stres, masalah pencernaan, insomnia, depresi dan lain-lain. Tidak heran kalau semakin lama, semakin mudah bagi Anda untuk menemukan berbagai produk aromaterapi yang katanya berkhasiat bagi tubuh.

"Aromaterapi adalah modalitas kesehatan, kebugaran komplementer dan integratif yang mendukung kemampuan bawaan kita sendiri untuk menyembuhkan dan tetap sehat," kata Amy Galper, salah seorang pendiri dari New York Institute of Aromatic Studies, seperti dilansir laman SheKnows, Rabu (20/2).

Praktik ini, kata Galper, berfokus pada penggunaan minyak esensial, yang merupakan komponen aromatik yang diekstraksi melalui distilasi uap dari berbagai bahan tanaman untuk memengaruhi perubahan dan membangun kembali keseimbangan dalam tubuh, pikiran dan jiwa.

Menurut Galper, molekul-molekul dalam minyak esensial bergerak ke dalam tubuh melalui inhalasi dan juga melalui kulit ketika dioleskan secara topikal, seperti ketika mereka dimasukkan ke dalam produk perawatan kulit. Ketika kita menghirup uap minyak esensial, molekul-molekul aromatik ini bergerak ke dalam tubuh melalui dua jalur yang sangat berbeda.

Pertama, mereka memasuki paru-paru Anda dan terserap ke dalam darah Anda ketika Anda menghirup oksigen, dan kedua, mereka memicu impuls listrik yang berjalan di sepanjang saraf penciuman Anda dan terhubung ke sistem limbik Anda yang mengontrol setiap tindakan Anda, mulai dari tanggapan emosional Anda untuk mengatur detak jantung, pencernaan, suhu dan sistem syaraf Anda.

Namun, apakah aromaterapi benar-benar memiliki manfaat kesehatan yang nyata? Berikut ini penjelasannya.

1. Minyak peppermint

Menderita karena sakit kepala? Maka Anda mungkin ingin menggunakan minyak peppermint untuk membantu menenangkan Anda. Meskipun penelitiannya kecil, namun ada percobaan terkontrol acak yang menunjukkan kemanjuran minyak peppermint secara topikal dalam mengatasi sakit kepala. Pepmint memiliki senyawa yang bekerja pada saluran kalsium otot untuk mengendurkannya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar