Inilah 5 Pemda Penerima Adipura Kencana, Simak Pesan Menteri LHK Siti Nurbaya

Inilah 5 Pemda Penerima Adipura Kencana, Simak Pesan Menteri LHK Siti Nurbaya
Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar (kedua kanan) memberikan penghargaan Adipura kepada Bupati Penajam Paser Utara Hamdam Pongrewa di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023). Foto: ANTARA/Sugiharto Purnama

jpnn.com - JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberikan penghargaan Adipura kepada 150 kabupaten/kota di Indonesia yang dinilai berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan.

"Adipura adalah penghargaan kepada kota-kota yang sudah melakukan pekerjaan yang keras dari hulu ke hilir terkait pengelolaan sampah dan juga melakukan pengelolaan TPA dengan baik," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah, dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Rosa Vivien Ratnawati di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa.

Vivien menyebutkan, pelaksanaan program Adipura periode 2021-2022 telah dilaksanakan terhadap 258 kabupaten/kota atau sebanyak 50,2 persen dari 514 kabupaten/kota di Indonesia.

Terdapat lima kabupaten/kota yang memperoleh penghargaan tertinggi Adipura Kencana, yaitu Kota Balikpapan, Kota Surabaya, Kota Bontang, Kota Bitung dan Kabupaten Jepara.

Selanjutnya, jumlah wilayah yang meraih anugerah Adipura sebanyak 80 kabupaten/kota.

Pemda yang meraih penghargaan Sertifikat Adipura lantaran memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah di sumbernya dengan baik sebanyak 61 kabupaten/kota, dan lokasi tematik dengan kondisi pengelolaan sampah terbaik yang meraih penghargaan Plakat Adipura sebanyak empat kabupaten/kota.

Pesan Menteri Siti Nurbaya

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar menginginkan Adipura sebagai koridor pembangunan daerah yang berlandaskan lingkungan yang bersih, teduh, dan berkelanjutan.

"Dalam urusan pembinaan dan pembangunan kemasyarakatan, Adipura bisa jadi koridor yang cukup baik," ujarnya dalam acara penyerahan penghargaan Adipura di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa.

Kementerian LHK beri penghargaan Adipura untuk 150 kabupaten/kota dan Adipura Kencana untuk 5 pemda. Begini pesan Menteri LHK Siti Nurbaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News