Inilah Beberapa Penyebab Persija Kesulitan Berprestasi

Inilah Beberapa Penyebab Persija Kesulitan Berprestasi
Fans Persija Jakarta. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com - jpnn.com - Jumlah klub sepak bola profesional di Indonesia cukup banyak. Namun, bagi Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi hanya ada lima tim yang paling legendaris dan memberikan banyak kontribusi bagi persepak bolaan tanah air.

Mereka adalah PSMS Medan, Persija Jakarta, Persib Bandung, Persebaya Surabaya serta PSM Makassar. 

Lima klub tersebut memang sama-sama tim perserikatan yang cukup lama mewarnai kompetisi tanah air.

Sayang, seiring dengan kompetisi itu melebur dengan kompetisi Galatama pada 1994 silam, para klub tersebut mulai meredup.

Bahkan, hanya untuk bisa meraih prestasi di pentas sepak bola nasional pun, ada klub yang harus menunggu sekian lama. 

Persija Jakarta misalnya, baru berhasil menjuarai Liga Indonesia pada 2001 silam setelah terakhir kali naik ke podium juara pada Piala Perserikatan pada 1979.

Persib Bandung juga sama, mereka harus menuggu 19 tahun untuk bisa kembali menjuarai kompetisi sepak bola tertinggi, Indonesia Super League (ISL) 2014 lalu. Sebelumnya, gelar terakhir yang mereka raih pada 1995. 

Sekretaris Persija Jakarta, Budiman Dalimunthe mengatakan bahwa, ada banyak variant yang mengakibatkan tim dengan julukan Macan Kemayoran itu sulit bersaing dengan tim-tim profesional lain dalam meraih prestasi.

 Jumlah klub sepak bola profesional di Indonesia cukup banyak. Namun, bagi Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi hanya ada lima tim yang paling

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News