Inilah Daerah yang Terdampak Tsunami Sekitar Selat Sunda

Inilah Daerah yang Terdampak Tsunami Sekitar Selat Sunda
Kawasan Pantai Anyer di Serang, Banten. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Dampak dari tsunami yang menerjang pantai di sekitar Selat Sunda tersebar di beberapa wilayah. Khususnya di Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang.

Daerah yang terdampak parah adalah permukiman dan wisata di Pantai Tanjung Lesung, Pantai Sumur, Pantai Teluk Lada, Pantai Panimbang, dan Pantai Carita.

Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12) sekitar pukul 21.27 WIB. Faktor penyebab tsunami masih dilakukan penyelidikan oleh BMKG untuk mengetahui secara pasti.

"Kemungkinan disebabkan longsor bawah laut akibat erupsi Gunung Anak Krakatau dan gelombang pasang akibat bulan purnama. Dua kombinasi tersebut menyebabkan tsunami yang terjadi tiba-tiba yang menerjang pantai," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

BMKG masih berkoordinasi dengan Badan Geologi untuk memastikan faktor penyebabnya.

Sementara itu dampak tsunami menyebabkan korban jiwa dan kerusakan. Data sementara hingga hari ini pukul 04.30 WIB tercatat 20 orang meninggal dunia, 165 orang luka-luka, 2 orang hilang dan puluhan bangunan rusak.

Data korban kemungkinan masih akan terus bertambah mengingat belum semua daerah terdampak di data.

Dari 20 orang meninggal dunia, 165 orang luka dan 2 orang hilang terdapat di 3 wilayah yaitu di Kabupaten Padenglang, Lampung Selatan dan Serang.

BNPB mencatat sebanyak 20 orang meninggal akibat tsunami dan 165 warga mengalami luka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News