Inilah Data Rute Penerbangan Internasional Tersibuk di Dunia

Inilah Data Rute Penerbangan Internasional Tersibuk di Dunia
Lion Air dan Singapore Airlines di Bandara Changi, Singapura. Foto: Ayatollah Antoni/JPNN.Com

jpnn.com, LONDON - Bisnis penerbangan di Asia benar-benar paling sibuk dibanding belahan lain di dunia. Buktinya, daftar 20 rute penerbangan tersibuk di dunia didominasi jalur-jalur di Asia.

Bahkan, rute penerbangan Jakarta-Singapura masuk dalam runner up tersibuk di dunia. Sedangkan di posisi puncak adalah rute Hong Kong-Taipei.

Merujuk survei Routesonline, Hong Kong memuncaki daftar rute tersibuk karena intensitas koneksi jalur internasional yang tinggi. Delapan dari 20 rute tersibuk di dunia bermula dan berakhir di Bandara Chek Lap Kok Hong Kong.

Rute tersibuknya adalah Hong Kong ke Taipei. Selama Juli 2017 saja, ada 450 ribu penumpang di rute Hong Kong menuju Taipei.

Artinya, ada 10 orang setiap menit yang terbang antara dua kota yang hanya berjarak 500 mil itu. Jarak tempuh Hong Kong ke Taipe dengan penerbangan sekitar satu jam.

Mayoritas penumpang untuk rute Hong Kong Taipei menggunakan maskapai Cathay Pacific. Sisanya menjadi porsi Hong Kong Airlines, Eva Air dan China Airlines.

Selanjutnya ada Bandara Changi di Singapura yang tingkat kesibukannya di bawah Chek Lap Kok. Yang tersibuk adalah rute Jakarta-Singapura yang pada Juli lalu saja mencapai 322.488 penumpang.

Di posisi ketiga adalah rute Singapura-Kuala Lumpur. Data Routesonline menunjukkan ada 269.395 penumpang rute Singapura-Kuala Lumpur pada Juli lalu.

Rute Jakarta-Singapura berada masuk runner up dalam daftar rute penerbangan internasional tersibuk di dunia. Juli lalu saja ada 322.488 penumpang di rute itu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News