Inilah Skenario Koalisi Capres 2014

Inilah Skenario Koalisi Capres 2014
Inilah Skenario Koalisi Capres 2014

jpnn.com - JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memperkirakan ada tiga atau empat calon presiden (capres) yang akan bersain pada pemilihan umum presiden (pilpres) 2014. Ada sejumlah skenario yang muncul jika mencermati hasil hitung cepat pemilihan umum legislatif (pileg) 2014.

Peneliti LSI Adjie Alfaraby mengatakan, ada tiga kemungkinan komposisi koalisi jika ada tiga capres yang maju. Komposisi pertama, capres poros koalisi PDIP, capres dari poros koalisi Golkar, dan capres dari poros koalisi Gerindra.

Komposisi kedua, capres dari poros koalisi PDIP, capres dari poros koalisi Golkar, dan capres dari poros koalisi Partai Islam. Ketiga yakni capres dari poros koalisi PDIP, capres dari poros koalisi Golkar, dan capres dari poros koalisi Demokrat.

"PDIP dan Golkar selalu hadir di tiga skenario itu. Yang berubah hanya komposisi ketiga," kata Adjie dalam jumpa pers di kantor LSI, Rawamangun, Jakarta, Jumat (11/4).

Jika ada empat capres yang dimunculkan maka diprediksi ada dua komposisi. Pertama, capres dari poros koalisi PDIP, poros koalisi Golkar, poros koalisi Gerindra, dan poros koalisi Demokrat. Komposisi kedua yakni capres dari poros koalisi PDIP, poros koalisi Golkar, poros koalisi Gerindra, dan poros koalisi partai Islam.

"Jika capres ada empat calon, ada dua skenario dengan poros koalisi Demokrat dan partai Islam," ujar Adjie.(dil/jpnn)


Berita Selanjutnya:
JK Temui Surya Paloh

JAKARTA - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memperkirakan ada tiga atau empat calon presiden (capres) yang akan bersain pada pemilihan umum presiden


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News