Inilah Tanggal Libur Panjang Akhir Oktober, Ada Hari-hari Terjepit

Inilah Tanggal Libur Panjang Akhir Oktober, Ada Hari-hari Terjepit
Mendagri Tito Karnavian menjelaskan soal cuti bersama dan libur panjang Oktober 2020. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pada pekan depan akan ada libur panjang yakni Rabu, Kamis, dan Jumat pada tanggal 28, 29, dan 30 Oktober 2020, terkait peringatan hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW.

Mendagri Muhammad Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah dan jajaran Forkopimdanya masing-masing untuk mengantisipasi potensi penularan Covid-19 di hari libur panjang nanti dan kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan.

Tito Karnavian mengatakan, pertahanan untuk pencegahan Covid-19 mesti dikuatkan di masing-masing daerah.

"Ada tiga hari cuti, baik cuti peringatan maupun cuti bersama, kalau kita lihat sesuai dengan ketentuan yang ada itu hari Rabu, Kamis, dan Jumat pada tanggal 28, 29 dan 30 Oktober. Nah ini artinya bisa terdapat hari- hari kejepit, mulai Senin Selasa itu bisa hari kejepit. Kemudian hari Jumat karena libur juga bisa berlanjut ke hari Sabtu dan Minggu. Nah ini mengindikasikan akan kemungkinan akan terjadi libur panjang, " kata Mendagri Tito Karnavian dalam konferensi pers usai menghadiri rapat terbatas," Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang" yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo di Istana Negara, di Jakarta, Senin (19/10).

Konferensi pers tersebut dihadiri Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, Mendagri Tito Karnavian, Menkes Terawan, Kepala BNPB yang juga merangkap Kasatgas Percepatan Penanganan Covid-19 Nasional Doni Monardo.

Mendagri Tito menambahkan, biasanya sebelum pandemi Covid-19, setiap ada hari libur panjang masyarakat banyak yang melakukan perjalanan.

Bisa pulang kampung, kumpul bersama keluarga, atau pergi ke tempat liburan untuk berekreasi dan lain-lain.

Artinya, akan ada mobilitas yang tinggi dari masyarakat yang bergerak dari suatu tempat ke tempat yang lain. Dan di masa pandemi pergerakan masyarakat seperti ini bisa menimbulkan penularan.

Inilah hari dan tanggal cuti bersama dan libur panjang akhir Oktober 2020, ada juga hari-hari kejepit, terkait peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News