Inilah Tiga Tingkatan Puasa

Inilah Tiga Tingkatan Puasa
Tampak suasana acara buka puasa bersama saat acara buka puasa bersama di Kampus Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan. FOTO: Dispen Seskoal for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Ada tiga tingkatan puasa. Pertama, puasa orang umum yaitu puasa yang hanya menahan tidak makan dan minum. Kedua adalah puasa khusus. Yaitu puasa disamping tidak makan dan minum juga menahan panca indranya dari hal-hal yang mengurangi pahala puasa.

"Sedangkan yang ketiga adalah puasa khususil khusus yaitu selain menahan makan dan minum serta menahan panca indra dari hal yang mengurangi pahala puasa juga hatinya berpuasa dari hal-hal selain yang menuju ridho Allah SWT," ujar Parohis Seskoal, H. Udin Solehudin saat memberikan kuliah tujuh menit (kultum) saat acara buka puasa bersama di Kampus Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, kemarin.

Acara ini diawali dengan kuliah tujuh menit (kultum) tentang pelaksanaan puasa. Kemudian dilanjutkan berbuka puasa bersama dan diakhiri dengan salat berjamaah.

Untuk diketahui, Perwira Siswa (Pasis) Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) Angkatan ke-11 tahun 2016 melaksanakan buka puasa bersama dengan para pejabat utama di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal). Turut hadir dalam acara ini, Wakil Komandan Seskoal Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, Sekretaris Lembaga Seskoal Kolonel Prasetyo, Komandan Korps Siswa Kolonel Agung Jaya Saktika, para Direktur dan Kepala Departemen.

Kegiatan ini dilaksanakan Pasis pada pekan awal bulan Ramadan. Pada pekan berikutnya, Pasis Susjemen akan semakin padat kegiatan menjelang berakhirnya masa pendidikan pada pekan akhir Ramadan.(fri/jpnn)


JAKARTA - Ada tiga tingkatan puasa. Pertama, puasa orang umum yaitu puasa yang hanya menahan tidak makan dan minum. Kedua adalah puasa khusus. Yaitu


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News