Inilah Tujuh Modus Aksi Begal

Inilah Tujuh Modus Aksi Begal
Inilah Tujuh Modus Aksi Begal

jpnn.com - MEDAN - Polda Sumut meningkatkan tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan jalanan karena sudah sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya, sudah beberapa kasus para pelaku perampas kendaraan bermotor tak segan melukai dan membahayakan nyawa korbannya.

“Selain tindakan tegas, kita juga akan membuat langkah-langkah, yang akan memberikan efek jera kepada pelaku,” kata Kapolda Sumut, Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo seperti diberitakan Sumut Pos (grup JPNN).

Menurut Kapolda Sumut, sejak Februari 2015 sampai Maret 2015, jajarannya sudah mengungkap 109 kasus begal dan 226 tersangka berhasil ditangkap.

Diuraikannya, kasus begal yang diungkap itu terbagi dalam 87 kasus pencurian kenderaan bermotor, 20 kasus pencurian dengan kekerasan dan 2 kasus pencurian dengan pemberatan.

“Termasuk 251 unit sepeda motor dan 6 unit mobil, kita amankan sebagai barang bukti,” tambah Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo.

Disebutkan ada 7 modus yang kerap dilakukan para pelaku saat beraksi. Pertama, mencegat korban dan menganiaya, lalu merampas sepeda motor korban. Kedua, mengikuti lalu memepet sepeda motor korban hingga terjatuh, lalu berpura-pura menolong dan selanjutnya membawa kabur sepeda motor korban.

Ketiga, menghadang secara paksa kenderaan korban, setelah korban berhenti, pelaku mengaku sebagai debt collector, lalu membawa kabur kendaraan korban. Keempat, pelaku memepet dan menodongkan senjata api atau senjata tajam ke arah korban sehingga korban berhenti, lalu mengambil paksa kenderaan korban.

Modus kelima, pelaku memepet kenderaan korban sembari mengaku sebagai aparat, setelah korban dilumpuhkan, lalu merampok korban.

MEDAN - Polda Sumut meningkatkan tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan jalanan karena sudah sangat meresahkan masyarakat. Pasalnya, sudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News