Inmendagri Terbaru: Kasus Covid-19 di Jawa dan Bali Menurun pada Pertengahan Ramadan

Inmendagri Terbaru: Kasus Covid-19 di Jawa dan Bali Menurun pada Pertengahan Ramadan
Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA mengatakan tren kasus Covid-19 di Jawa dan Bali pada pertengahan bulan Ramadan terpantau menurun. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA mengatakan tren kasus Covid-19 di Jawa dan Bali pada pertengahan Ramadan terpantau menurun.

Selain itu, tingkat capaian vaksinasi makin meningkat di berbagai daerah.

Dia menjelaskan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 22 Tahun 2022 tidak banyak mengalami perubahan dari aturan sebelumnya.

"Perpanjangan PPKM Jawa Bali kali ini hanya mengalami perubahan pada jumlah daerah di setiap Level PPKM, dan waktu operasional pusat perbelanjaan, serta kegiatan UMKM," kata Safrizal dalam keterangannya, Selasa (19/4).

Berdasarkan Inmendagri Nomor 22 Tahun 2022, tidak ada daerah yang ditetapkan sebagai Level 4 di Jawa dan Bali.

Sementara itu, daerah Level 1 meningkat dari 20 menjadi 29 daerah sehingga jumlah daerah Level 2 menurun.

Jumlah daerah yang berstatus Level 2 awalnya sebanyak 99, kini menjadi 97. Lalu, jumlah daerah Level 3 juga menurun dari sembilan menjadi dua daerah.

Perubahan jam operasional pusat perbelanjaan dan kegiatan UMKM hanya terjadi di daerah Level 2 yang saat ini sudah bisa beroperasi hingga pukul 22.00.

Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal ZA mengatakan tren kasus Covid-19 di Jawa dan Bali pada pertengahan bulan Ramadan terpantau menurun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News