Innalillahi, Atlet Senior dengan Segudang Prestasi itu Berpulang

Innalillahi, Atlet Senior dengan Segudang Prestasi itu Berpulang
Alm Sukamdi (dua dari kiri) saat menjuarai salah satu turnamen. FOTO : Dok PBPGI

jpnn.com - Olahraga golf Indonesia dirundung duka. Salah satu bintang terbaiknya, Sukamdi, Kamis (30/6) lalu meninggal dunia karena sakit di Medan. Mantan golfer nomor satu Indonesia itu menghembuskan nafas terakhir pada usia 54 tahun.

Sukamdi adalah salah satu atlet sukses Indonesia di jamannya. Pada akhir dekade 1970an, saat berkompetisi di level junior, dia merebut Piala Presiden RI tiga kali berturut-turut. Di periode yang sama, dia berhasil merebut gelar Singapore Amateur Open.

Sukamdi pula satu-satunya pegolf Indonesia yang berhasil mengalahkan golfer nomor satu Thailand, Thongchai Jaidee dalam ajang Indonesia Amateur Open.

Pada dekade 1980an, Sukamdi bersama Sanusi Bahtiar, Sanja, dan Ilyasak berhasil membawa harum nama Indonesia dalam piala PM Tuanku Abdul Rahman Putra yang dihelat di Brunei Darussalam.

Karirnya semakin cemerlang ketika di tahun 1991, ayah tiga orang putra itu merebut medali emas perseorangan di SEA GAMES yang diselenggarakan di Manila.

Sayangnya, setelah memutuskan beralih ke golf pro, prestasinya justru melorot tajam. Sang lawan, Jaidee, kini menjelma menjadi golfer Asia yang paling ditakuti. (jpnn/pda)


Olahraga golf Indonesia dirundung duka. Salah satu bintang terbaiknya, Sukamdi, Kamis (30/6) lalu meninggal dunia karena sakit di Medan. Mantan golfer


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News