Inovasi Berbuah Manis, Agrowisata Taman Anggur Jadi Juara Desa BRILian

Inovasi Berbuah Manis, Agrowisata Taman Anggur Jadi Juara Desa BRILian
Desa Megulungkidul Kecamatan Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah, membuktikan bahwa desa ini memiliki keunggulanya dan menjadi finalis terbaik Desa Brilian. Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Desa Megulungkidul Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, membuktikan bahwa desa ini memiliki keunggulanya dan menjadi finalis terbaik di Nugraha Karya Desa Brilian 2022.

Sang Kepala Desa Malik Khairul Anam mengatakan Desa Megulungkidul Kecamatan Pituruh masih perlu pengembangan terus menerus agar lebih berdaya tarik.

"Awalnya kita tidak tahu soal Desa Brilian, kita hanya fokus saja di visi misi kami berkonsentrasi di BUMDes dan pemberdayaan masyarakat," kata Malik.

Desa Brilian 2022 dibagi menjadi tiga batch yang diikuti oleh 2.100 desa di seluruh Indonesia. Per batch-nya diikuti oleh 700 desa, dan Desa Megulungkidul akhirnya mengikuti batch ketiga sekaligus mendapatkan Juara 1.

Kemudian, pihaknya diundang kembali oleh BRI untuk hadir di Jakarta sebagai perwakilan dari masing-masing juara batch Desa Brilian 2022. Terdapat 15 desa yang termasuk dalam finalis terbaik Nugraha Karya Desa Brilian 2022, dan Desa Megulungkidul masuk dalam 3 besar pemenang.

Sebagai informasi, Desa Megulungkidul terletak di bagian barat Kabupaten Purworejo berbatasan dengan Kabupaten Kebumen dilalui jalur penghubung Kabupaten Purworejo, Kebumen dan Wonosobo. Desa ini memiliki luas 165 ha, dengan 92 ha adalah lahan pertanian produktif dengan mayoritas pertanian padi dan kacang hijau.

Jumlah kepala keluarga sebanyak 570 KK dan populasi 1.750 penduduk yang terdiri dari laki-laki sebanyak 813 orang dan perempuan sebanyak 845 orang.

Malik mengungkapkan, tidak ada wacana menjadikan Desa Megulungkidul sebagai desa wisata karena potensi alamnya biasa-biasa saja dan tidak ada sesuatu yang istimewa dibandingkan desa lainnya di Indonesia. Desa ini hanya memiliki hamparan sawah.

Desa Megulungkidul Kecamatan Pituruh, Purworejo, Jawa Tengah, membuktikan bahwa desa ini memiliki keunggulanya dan menjadi finalis terbaik Desa Brilian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News