Inovasi TOSS Klungkung Raih Penghargaan Adipura

Inovasi TOSS Klungkung Raih Penghargaan Adipura
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menerima penghargaan Adipura atas inovasi pengolahan sampah TOSS. Foto: Pemkab Klungkung

jpnn.com, KLUNGKUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung menerima penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK).

Penghargaan itu untuk kategori Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce, dan Recyle (TPS3R) terbaik.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan TPS3R atau Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) merupakan inovasi yang diciptakan pada 2017.

"TOSS masuk Top 40 nasional inovasi pelayanan publik dan penghargaan Adipura ini merupakan kebanggan bagi Kami," ujar Bupati Suwirta, dalam keterangannya, Rabu (8/3).

Menurut Suwirta, penghargaan Adipura diraih berkat keberhasilan dan komitmen Pemkab Klungkung dalam mengolah sampah organik dan anorganik di TOSS Center Karangdadi Kusamba.

"Pernghargaan ini bagian dari sebuah proses menuju Klungkung yang lebih baik. Kami harus bisa lebih bersemangat menata dan menjaga Klungkung dari hulu sampai hilir," ujarnya.

Menurut Bupati Suwirta, meski inovasi TOSS dan TPS3R belum mampu menuntaskan sampah secara total, tetapi inovasi ini sudah jadi model pengolahan sampah yang baik berbasis budaya dan kearifan lokal serta konsisten.

Adapun Salah satu tindakan3 Reuse, Reduce, dan Recycle yang dilakukan Bupati suwirta adalah Sampah organik diolah menjadi pupuk organik sementara sampah plastik dijual kepada Asosiasi Pengusaha Sampah Indonesia.

Inovasi pengolahan sampah TOSS milik Pemkab Klungkung meraih penghargaan Adipura. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News