Instruksi Terbaru Menag untuk Seluruh ASN di Wilayah Nusantara

Kamis, 17 Juni 2021 – 22:55 WIB
Instruksi Terbaru Menag untuk Seluruh ASN di Wilayah Nusantara
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut. ANTARA/HO-Biro Pers Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama mulai hari ini dan seterusnya mewajibkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) melakukan penghormatan bendera Merah Putih dan doa. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh institusi di bawah Kementerian Agama pusat dan daerah.

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyebut ini sebagai lembar sejarah baru.

"Saya berharap setiap tanggal 17 dilakukan penghormatan bendera Merah Putih disertai lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan doa," ujar Gus Yaqut di Jakarta, Kamis (17/6).

Kegiatan ini, kata Gus Yaqut, jangan hanya menjadi rutinitas semata, tetapi bentuk komitmen kebangsaan seluruh ASN Kementerian Agama.

"Saya ingin seluruh ASN akan makin memiliki rasa syukur, cinta tanah air sekaligus terpacu semangatnya untuk mengabdi secara total kepada bangsa dan negara," tegas Menag.

Mengenai kegiatan setiap tanggal 17 itu, tertuang dalam bentuk Instruksi Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2021 tentang Penghormatan Bendera Merah Putih dan Doa.

Melalui instruksi ini, Menag meminta seluruh jajarannya melaksanakan kegiatan ini secara rutin di lingkungan masing-masing sebagai ikhtiar bersama memperkuat patriotisme dan nasionalisme.

"Di tengah pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya terkendali saat ini, proses pelaksanaan kegiatannya wajib memperhatikan protokol kesehatan," pesan Gus Yaqut. 

SPONSORED CONTENT

loading...