Insyaallah Iduladha 1438 H Jatuh 1 September 2017

Insyaallah Iduladha 1438 H Jatuh 1 September 2017
Petugas rukyat memantau bulan melalui teleskop. Ilustrasi Foto: Miftahul Hayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Zulhijah atau Iduladha 1438 Hijriah. Berdasar keputusan sidang isbat yang digelar Selasa (22/8) maka Iduladha 1438 Hijriah jatuh pada Jumat, 1 September 2017.

Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam mengatakan, penentuan Iduladha juga sudah melalui proses merukyat hilal. Ada 10 perukyat yang sudah melihat hilal dan sepakat tentang awal Zulhijah.

”Sepuluh orang menyampaikan padangannnya melihat hilal dengan mata kepalanya sendiri,” ujar Nur Syam di Kemenag, Selasa (22/8).

Selanjutnya Kemenag menggelar sidang isbat yang dihadiri organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan, para duta besar negara sahabat, pimpinan Komisi VIII DPR, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu, dalam sidang isbat juga ada perwakilan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar ilmu falak serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Dari sidang isbat itu pula Kemenag menentukan Iduladha. "Maka hari raya Iduladha jatuh pada Jumat 1 September nanti," ‎sebutnya. (cr2/JPC)


Kementerian Agama (Kemenag) telah menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Zulhijah atau Iduladha 1438 Hijriah. Berdasar keputusan sidang isbat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News