Integrasi Sapi-Sawit, Dukung Swasembada Daging

Integrasi Sapi-Sawit, Dukung Swasembada Daging
Integrasi Sapi-Sawit, Dukung Swasembada Daging

jpnn.com - JAKARTA – Program integrasi sapi-sawit yang dikembangkan PT Perkebunan Nusantara (PT PN) V diganjar penghargaan Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

 

Penghargaan itu sebagai bentuk apresiasi atas komitmen PT PN V yang telah dan terus melaksanakan program pengembangan sapi melalui sistem integrasi sapi-sawit.

Program ini merupakan bentuk nyata perusahaan mendukung swasembada daging yang dicanangkan pemerintah.

Direktur Utama PT PN V Amal Bakti Pulungan menyampaikan terima kasih atas apresiasi itu. Soal penerapan program sawit sapi di PT PN V, dia menyatakan, telah ada Riset Innovative Productive (Rispro) bekerja sama dengan UGM yang kegiatan utamanya berupa program pengembangan sawit sapi dan transfer teknologi tepat guna di kawasan PT PN V.

’’Rispro dilaksanakan pada 2014-2016 di Kebun Sei Rokan PTPN V. Salah satu programnya adalah pembuatan pabrik pakan sapi kapasitas 10 ton per hari,’’ kata Amal dalam keterangannya, kemarin (14/11).

Pabrik tersebut saat ini telah beroperasi dan masih dalam tahap uji coba untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan yang diproduksi terhadap pertumbuhan berat badan perkembangbiakan sapi.

Dengan program Rispro ini diharapkan para peternak sapi di Riau tidak lagi mengalami kesulitan dalam penyediaan pakan sapi. Sasaran lain adalah pengaruh limbah kotoran sapi untuk meningkatkan produktivitas tanaman serta pemasaran sapi, produk sampingan dan pakan peningkatan jumlah sapi di Riau.

JAKARTA – Program integrasi sapi-sawit yang dikembangkan PT Perkebunan Nusantara (PT PN) V diganjar penghargaan Universitas Gadjah Mada Jogjakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News