Investasi, Japfa Bangun Pabrik

Investasi, Japfa Bangun Pabrik
Investasi, Japfa Bangun Pabrik
JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia (JPFA) telah menyiapkan investasi senilai Rp 100 miliar. Dana segar itu bakal untuk membangun pabrik berkapasitas 8 ribu ton per bulan di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) pada 2012 mendatang. Pabrik itu ditarget tuntas dan bisa beroperasi pada 2013 mendatang. ”Tahun depan pembangunannya mulai digeber,” ungkap Putut Djagiri, Senior Vice President Deputy Head of Corporate Finance Japfa, di Jakarta, Rabu (7/12).

Putut menyebut pembukaan pabrik itu merupakan strategi perusahaan guna memasarkan produk di kawasan Indonesia timur. Sebab, selama ini keperluan pakan ternak di Palu maupun Indonesia timur masih mengandalkan produksi dari pabrik di Makasar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Pada edisi 2012, perseroan telah merampungkan penambahan line untuk pabrik yang ada di Medan dan Padang berkapsitas masing-masing sebesar 8 ribu ton per bulan.

Dengan penambahan pabrik itu, perseroan memiliki koleksi 14 pabrik, 12 pabrik existing, plus penambahan 2 pabrik yang dibangun pada 2011 berlokasi di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) dan Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Untuk jangka panjang, perseroan berencana membangun pabrik di Manado, Sulawesi Tengah (Sulteng) atau Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim). “Itu kami rencanakan setelah pembangunan pabrik di Palu rampung dilaksanakan,” tuturnya.

Di samping itu, perseroan juga mengubah pabrik pakan ikan di Surabaya menjadi pabrik pakan unggas. Sementara pabrik unggas itu di pindah ke Gresik, Jawa Timur (Jatim). Untuk pemindahan mesin-mesin dan instalasi pabrik pakan ikan dari Surabaya ke Gresik menghabiskan dana sekitar Rp 50-60 Miliar. Sedang untuk merubah pabrik yang di Surabaya dari pakan ikan ke pakan unggas membutuhkan dana sekitar Rp 30 miliar,” ujarnya.

JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia (JPFA) telah menyiapkan investasi senilai Rp 100 miliar. Dana segar itu bakal untuk membangun pabrik berkapasitas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News