Investor Singapura Tertarik Bangun Monorel di Bandung

Investor Singapura Tertarik Bangun Monorel di Bandung
Investor Singapura Tertarik Bangun Monorel di Bandung

jpnn.com - BANDUNG- Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil tengah mengkaji kemungkinan menerima bantuan pembangunan publik transportasi berbasis rel dengan Singapura.

"Ada investor Singapura, yang tertarik untuk menanamkan investasi, untuk membangun transportasi publik," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, seperti dilansir dari Radar Bandung (Grup JPNN), Sabtu (9/8).

Emil menegaskan, bentuk transportasinya tidak harus monorel, namun tetap berbasis rel. Bisa monorel, kereta gantung, atau menggunakan magnet. "Jadi bentuknya tidak harus monorel, tapi transportasi berbasis rel. Bisa monorel dan non monorel," tegasnya. 

Emil mengatakan, tidak ingin investasi transportasi di Kota Bandung bernasib sama dengan di Jakarta, di mana investor tidak memiliki kemampuan finansial. "Kalau mau ikut harus punya kemampuan dan investasi finansial. Jangan sampai mereka yang tidak punya finansial, tapi ngaku-ngaku punya," terangnya. 

Sekarang, lanjut Emil, tengah dilakukan proses lelang, harapannya, tahun depan sudah sampai tahapan pembangunan konstruksi. Ditemui terpisah, Anggota DPRD Kota Bandung, Entang Suryaman, mengatakan, pengadaan transportasi massal, tinggal pelaksanaannya. Pasalnya, sudah dibuat perdanya, yaitu perda transportasi. "Jadi tinggal pelaksanaannya," katanya. 

Entang menegaskan, transportasi massal ini, sebenarnya sudah dibicarakan saat wali kota  sebelumnya. Sehingga, tinggal meneruskan saja.  "Saat itu, kan sudah ada pembicaraan dengan Panghegar Grup. Ya tinggal ditindaklanjuti saja," terangnya. 

Namun, sebelum dilanjutkan, Entang mengingatkan, untuk melakukan tinjauan ulang, sudah sampai sejauh mana kerja sama dengan Panghegar Grup. Agar tidak terjadi tumpang tindih nantinya. Jika ada sedikit kendala di tengah-tengah masyarakat,  tambahnya, bisa diatasi dengan sosialisasi terhadap masyarakat. "Masyarakat, harus mengetahui untung ruginya," tegasnya. 

Entang sendiri mengatakan, untuh hal ini, Pemkot Bandung kurang melakukan sosialisasi, sehingga jika masyarakat menolak, maka tinggal diberikan penjelasan. "Sebelum ada action lakukan dulu pendekatan kepada masyarakat. Jangan. Sampai. Sudah mau pelaksanaan, tahu-tahu ditolak warga," pungkasnya. (mur)


BANDUNG- Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil tengah mengkaji kemungkinan menerima bantuan pembangunan publik transportasi berbasis rel dengan Singapura.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News