Iran Kena Sanksi, Selat Hormuz Bakal Tutup

Iran Kena Sanksi, Selat Hormuz Bakal Tutup
Iran Kena Sanksi, Selat Hormuz Bakal Tutup
TEHERAN - Iran kembali mengeluarkan ancaman jika Barat memperluas sanksi terkait program nuklir negeri di kawasan Teluk itu. Kali ini Teheran mengultimatum akan menghentikan pasokan minyak ke negara-negara Barat yang melewati perairan Selat Hormuz. Dengan kata lain, pemerintahan Presiden Mahmud Ahmadinejad mengancam menutup Selat Hormuz jika sanksi Barat diberlakukan.

Ancaman Iran tersebut diperkirakan bisa memicu konflik militer dengan negara-negara Barat yang menggantungkan pasokan minyaknya dari kawasan Teluk.

"Menutup Selat Hormuz sangat mudah (dilakukan) bagi tentara Iran. Bagi kami, hal itu jauh lebih mudah daripada minum segelas air," terang Panglima Angkatan Laut Iran Habibollah Sayyari kepada Press TV kemarin (28/12).  "Tetapi, saat ini kami tidak perlu menutupnya karena Laut Oman masih di bawah kontrol kami, dan kami juga bisa mengontrol jalur transitnya," tandasnya.

Ketegangan Iran dengan Barat kembali memanas setelah para menteri luar negeri Uni Eropa memutuskan untuk memperketat sanksi terhadap negara pengekspor minyak mentah terbesar kelima di dunia itu jika terus melanjutkan program nuklirnya. Selasa lalu (27/12), Iran mengancam akan menghentikan pasikan minyak melalui Selat Hormuz di kawasan Teluk jika sanksi tersebut diberlakukan.

TEHERAN - Iran kembali mengeluarkan ancaman jika Barat memperluas sanksi terkait program nuklir negeri di kawasan Teluk itu. Kali ini Teheran mengultimatum

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News