Irjen Iqbal Tagih Komitmen Pemilik Mal Terkait Prokes Covid-19

Irjen Iqbal Tagih Komitmen Pemilik Mal Terkait Prokes Covid-19
Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI A Rizal Ramdhani mengunjungi Lombok Epicentrum Mal. Bid Humas Polda NTB

jpnn.com, MATARAM - Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal melakukan pemeriksaan ke beberapa Pos Pengamanan Ketupat Rinjani 2021 pada Sabtu (8/5). Hal ini untuk melihat kesiapan personel gabungan pengamanan menjelang Hari Raya Idulfitri.

Iqbal antara lain mengunjungi Lombok Epicentrum Mall. Menurut Iqbal, pihaknya bersama Forkopimda sudah memiliki perjanjian dengan seluruh pemilik pusat perbelanjaan. Hal itu sebagai pengetatan penerapan protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Kami sudah duduk bareng dengan para pengelola mal, kami sudah melakukan koordinasi yang bagus, sehingga ada beberapa aturan-aturan yang sudah mereka lakukan. Yang pertama memastikan bahwa 50 persen dari kapasitas harus terpenuhi,” kata Iqbal.

Iqbal menegaskan, pihaknya telah mengantongi komitmen para pemilik mal. "Apabila lebih dari 50 persen, ini akan ditutup, baik pintu, pintu parkir, pintu masuk pusat perbelanjaan, termasuk Mal Epicentrum,” kata dia.

Selain itu, lanjut dia, dalam melakukan pendisiplinan prokes di semua pusat perbelanjaan dan titik keramaian, Satuan Tugas (Satgas) akan secara kontinu. Sejauh ini, pihaknya telah mendirikan 38 pos pengamanan di wilayah NTB.

“Apabila ada yang tidak menggunakan masker, Satgas akan berkeliling di sini baik itu Pemprov, pihak pengelola mal maupun dari Polda dan Korem serta stakeholder keliling. Semua Satgas di semua pusat perbelanjaan membagikan masker dan melakukan imbauan,” ujarnya.

Eks Wakapolda Jawa Timur itu menuntut semua pemilik mal agar menyiapkan sejumlah alat protokol kesehatan Covid-19, yaitu handsanitizer dan lain-lain.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan, pemantauan yang dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat.

“Kami memastikan bahwa NTB aman, kita mengunjungi pos-pos penjagaan, memastikan tidak ada kerumunan berlebihan, tidak ada kemacetan, kriminalitas sudah bisa dicegah,” katanya.

Danrem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI A Rizal Ramdhani mengatakan, pihaknya memberikan bantuan penuh dalam pengamanan Hari Raya Idulitri.

“Kami mendukung untuk pelaksanaan pengamanan lebaran maupun kegiatan Pam Ketupat, kami dukung semaksimal mungkin, kami gelar 3 ribu orang untuk operasional di lapangan,” kata dia.

Rombongan Forkopimda NTB yang melakukan pengecekan Pos Pam Ketupat Rinjani 2021 berangkat sekitar pukul 16.21 WITA dari depan Pendopo Gubernur NTB menuju Pos Pam Karang Jangkong Kota Mataram.

Tiba di Pos Pam Karang Jangkong, rombongan mendapat pemaparan dari Kapospam Karang Jangkong, terkait situasi pengamanan di pusat-pusat perbelanjaan seperti Mataram Mall, Ruby Departemen Store, dan lain-lain.

Dari Pos Pam Karang Jangkong, rombongan bergerak ke arah simpang empat Pospol Cakranegara, melintasi jalan AA Gede Ngurah menuju jalan Panca Usaha melintasi Hotel Aston Inn, berbelok kekiri ke jalan Bung Karno menuju Jalan Sriwijaya, ke arah barat dan masuk ke pusat perbelanjaan Lombok Epicentrum Mall.

Dari Mal Epic, rombongan bergeser menuju Pos Pam Kebon Roek Ampenan kemudian melanjutkan perjalanan ke Islamic Center dan kembali ke Pendopo Gubernur NTB.(tan/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Para pimpinan di NTB melakukan pemeriksaan ke beberapa Pos Pengamanan Ketupat Rinjani 2021. Kapolda NTB Irjen Mohammad Iqbal menginginkan protokol kesehatan Covid-19 berjalan sesuai aturan.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News