Irjen Mathius Fakhiri Kerahkan 2 Peleton Brimob

Irjen Mathius Fakhiri Kerahkan 2 Peleton Brimob
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri. ANTARA/Evarukdijati

jpnn.com, JAYAPURA - Pascarusuh demonstrasi di Dekai, Kabupaten Yahukimo, Polda Papua mengirim dua peleton Brimob, Selasa (15/3).

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri mengatakan dua peleton Brimob itu akan diterbangkan ke Dekai, Rabu (16/3), bersama beberapa pejabat Polda Papua termasuk Kabid Propam Kombes Sanches Napitupulu.

Aksi demo penolakan pemekaran wilayah pemerintahan yang berujung anarkistis itu menyebabkan anggota Polres Yahukimo mengambil tindakan tegas karena demonstran merusak dan membakar ruko di dekat Kantor Kominfo Kabupaten Yahukimo yang menjadi lokasi aksi demonstrasi.

Disinyalir aksi anarkistis itu ada yang memprovokasi, namun apakah provokator itu kelompok KNPB atau bukan masih didalami, termasuk apakah penanganan oleh anggota Polres Yahukimo sudah sesuai prosedur tetap penanganan atau tidak.

Semua hal itu, kata dia, akan diselidiki oleh Propam Polda Papua seraya menambahkan dua orang meninggal, dua orang luka tembak dan seorang polisi terluka.

"Dua warga dilaporkan meninggal yakni Yakob Dell (30 th) dan Erson Weibsa (20 th), dua orang yang luka tembak, yaitu Itos Itlay dan Lucky Kobak serta seorang anggota Polres Yahukimo dilaporkan terluka, yakni Briptu Muhammad Aldi," kata Irjen Fakhiri, Selasa.

Terkait aksi pembakaran hingga kini belum ada laporan lengkapnya karena terjadi di beberapa lokasi.

"Anggota masih melakukan pendataan terkait pembakaran yang dilakukan para pedemo," kata dia. (antara/jpnn)

Irjen Mathius Fakhir mengirim dua peleton Brimob bersama Kombes Sanches Napitupulu.


Redaktur & Reporter : Rah Mahatma Sakti

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News