Irjen Mathius Fakhiri: Pilot Susi Air Bersama KKB Pimpinan Egianus di Paro

Irjen Mathius Fakhiri: Pilot Susi Air Bersama KKB Pimpinan Egianus di Paro
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. (FOTO ANTARA/Evarukdijati)

jpnn.com - JAYAPURA - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri menyatakan bahwa Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens saat ini bersama Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

Kapolda Papua yang mengaku sedang berada di Timika menegaskan, walaupun sudah memastikan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu berada bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya, tetapi belum bisa memastikan lokasinya di mana.

"Memang benar pilot tersebut bersama kelompok KKB pimpinan Egianus di Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan,” kata Irjen Fakhiri, Selasa (14/2). 

Menurut dia, untuk memastikan kondisi serta lokasi di mana pilot tersebut berada, masih menunggu laporan dari tokoh-tokoh masyarakat dan agama yang diturunkan penjabat bupati Nduga ke Paro.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah ada hasil. Mereka masih berada di jalan karena untuk mencapai Paro harus melintasi sungai yang cukup lebar, " katanya.

Menurutnya, selain mengirimkan tim, Pemkab Nduga juga diminta untuk melakukan komunikasi aktif dengan melibatkan semua pihak, termasuk para wakil rakyat, guna mengetahui apa yang menyebabkan Egianus melakukan aksinya.

Jenderal bintang dua itu mengatakan TNI dan Polri tidak akan mundur dalam upaya membebaskan pilot tersebut. Namun demikian, kata dia, hal itu dilakukan ekstrahati-hati demi keselamatan Philip. Oleh karena itu, kata Irjen Fakhiri, saat ini pihaknya lebih mengedepankan peran para tokoh dan pemda setempat.

KKB pimpinan Egianus Kogoya, Selasa (7/2) dilaporkan membakar pesawat milik Susi Air yang dikemudikan pilot berkebangsaan Selandia Baru, Philip Mark Mehrtens. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Irjen Mathius Fakhiri memastikan pilot Susi Air bersama KKB pimpinan Egianus Kogoya di Paro. TNI dan Polri tida akan mundur dalam upaya membebaskan sang pilot.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News