Irjen Mathius Keluarkan Perintah, Dua Peleton Brimob Langsung Berangkat

Irjen Mathius Keluarkan Perintah, Dua Peleton Brimob Langsung Berangkat
Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri. Foto: Ridwan Sangaji/JPNN.com

jpnn.com, YAHUKIMO - Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri memerintahkan dua peleton brimob untuk berangkat ke Polres Yahukimo, Rabu (16/3) besok.

Puluhan personel brimob itu ditugaskan membantu Polres Yahukimo dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat pascademo rusuh di Distrik Dekai pada Selasa (15/3).

Menurut Mathius, dua peleton brimon itu berangkat bersama beberapa pejabat Polda Papua termasuk Kabid Propam Polda Papua Kombes Sanches Napitupulu.

“Pengiriman anggota brimob untuk memperkuat personel yang sudah ada,” kata Mathius saat menjawab pertanyaan Antara, Selasa (15/3).

Aksi demo penolakan pemekaran yang berujung anarkistis itu memaksa Polres Yahukimo mengambil tindakan tegas. Hal ini dikarenakan massa merusak dan membakar ruko di dekat kantor Kominfo Yahukimo.

Akibatnya, ada dua warga yang meninggal dunia, yakni Yakob Dell (30) dan Erson Weibsa (20). Kemudian ada dua warga yang terkena tembakan, mereka adalah Itos Itlay dan Lucky Kobak.

“Serta seorang anggota Polres Yahukimo dilaporkan terluka yakni Briptu Muhammad Aldi," kata Mathius.

Polisi menduga ada pihak yang melakukan provokasi sehingga massa bertindak anarkistis. Namun, dugaan itu masih didalami.

Kapolda Papua Irjen Mathius Fakhiri memerintahkan dua peleton brimob berangkat ke Yahukimo untuk membantu polres setempat.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News