Irman Surati DPD agar Tak Pilih Ketua Baru

Irman Surati DPD agar Tak Pilih Ketua Baru
Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) sedianya pada hari ini (11/10) akan menentukan pengganti Irman Gusman di posisi ketua lembaga para senator itu melalui sidang paripurna luar biasa.

Namun, DPD ternyata menerima surat tembusan dari kuasa hukum Irman. Isi surat yang ditujukan ke Mahkamah Agung itu adalah perihal permintaan agar tidak ada pelantikan atas pengganti Irman di kursi ketua DPD.

"Itu tembusan dari lawyer Irman ke MA, agar ketua MA tak melantik (pengganti Irman, red),” ungkap Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/10).

Kendati demikian, Farouk tidak mengetahui secara pasti sikap MA terhadap surat itu. "Apa sikap dari MA kita tak tahu," sebut dia.

Namun, kata dia, ada permintaan dari MA agar DPD menyampaikan pengganti Irman sebelum dimulainya pelantikan. "Sebelum diambil sumpah diberi tahu namanya siapa," ujar senator asal NTB itu.

Sejauh ini, Panitia Musyawarah (Panmus) DPD masih merancang tata cara pemilihan. Sedangkan sidang paripurna luar biasa untuk menentukan pengganti Irman Gusman akan digelar sore ini.

Sebelumnya DPD mencopot Irman dari posisi ketua karena menjadi tersangka kasus suap kuota impor gula. Posisi Irman yang menjadi tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuat DPD merasa perlu menyikapinya dengan mencari ketua baru.(dna/JPG)


JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPD) sedianya pada hari ini (11/10) akan menentukan pengganti Irman Gusman di posisi ketua lembaga para senator


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News