Istana Presiden Dijamin Tak Akan Banjir Lagi, Nih Alasannya

Istana Presiden Dijamin Tak Akan Banjir Lagi, Nih Alasannya
Kawasan Istana Kepresidenan Jakarta. Tampak dari depan Istana Negara. Foto: Friederich Batari/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjamin kawasan tempat Presiden Joko Widodo berkantor tidak akan banjir lagi. Pasalnya, drainase di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta sedang dibenahi dengan anggaran senilai Rp 44 miliar.

Pada Selasa (24/10) kemarin, Menteri Basuki sempat meninjau langsung pekerjaan proyek yang berada langsung di bawah pengawasannya itu. Menurut dia, perbedaan drainase Istana sekarang dengan yang dulu adalah ukuran lebih besar dan ada sistem pencegah banjirnya.

"Kan sering banjir, ini drainasenya diperbesar dan bisa dipompa. Semua diatur utilitasnya. Ini kan lobang kecil itu untuk utilitas, kabel-kabel, pipa-pipa, itu di situ. Satu ini ada utilitasnya, drainasenya dengan pompanya," ucap Basuki kepada wartawan.

Dengan desain yang ada sekarang ini, kompleks Istana Kenegaraan dan Istana Merdeka, tidak akan banjir lagi. Sebelumnya, selain salurannya kecil, pompanya juga sering rusak.

Dengan anggaran senilai Rp 44 miliar, proyek yang dimulai pengerjaanya Agustus lalu, akan rampung pada Desember 2017. Pembangunannya sempat tertunda karena harus menyesuaikan dengan agenda tamu negara.

"Kita ikuti schedule tamu negara. Jadi ini koordinasi dengan Paspampres, Protokol. Kita sudah kontrak lama tapi ya ada tamu negara. Kita atur semua drainasenya," ucap Basuki.(fat/jpnn)


Istana presiden dijamin tak akan banjir lagi. Sebab drainase Istana yang dulu dan saat ini berbeda. Sekarang ukuran lebih besar dan ada sistem pencegah banjir.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News