Iwan Bule dan Sejarah Awal Kontrak Panjang Shin Tae Yong di Timnas Indonesia

Iwan Bule dan Sejarah Awal Kontrak Panjang Shin Tae Yong di Timnas Indonesia
Foto: Suasana rapat pertama Shin Tae Yong dengan PSSI pada 27 Desember 2019 untuk menyusun program 4 tahun kepelatihan. Dok PSSI

jpnn.com, JAKARTA - Sepak bola Tanah Air saat ini sedang bergairah lagi. Hal itu karena performa gemilang yang ditorehkan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Seusai mengejutkan di Piala Asia 2023 level senior dengan lolos ke babak 16 besar, kini Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke babak semifinal Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Timnas Indonesia U-23 yang berstatus debutan justru buat kejutan. Meski kalah di laga pertama babak penyisihan dari Qatar 0-2, Indonesia perlahan bangkit.

Australia ditumbangkan 1-0, Yordania dicukur 4-1, dan yang terbaru Timnas Indonesia U-23 menyingkirkan Korea Selatan U-23 dengan skor 11-10 lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2.

Kini, tinggal selangkah lagi Timnas Indonesia U-23 lolos ke Olimpiade 2024. Indonesia ditunggu Uzbekistan yang sebelumnya menyingkirkan Arab Saudi.

Selain perjuangan para pemain, tingginya kepak sayap Garuda Muda di Piala Asia U-23 tak lepas dari kepiawaian pelatih Shin Tae Yong meracik taktik.

Kualitas sang pelatih asal Korea Selatan itu memang banyak mendapatkan pujian dari pecinta sepakbola Indonesia. Shin dianggap telah mengubah Timnas Indonesia lebih bertenaga.

Akan tetapi tak bisa dilupakan bahwa Shin Tae Yong merupakan warisan dari kepengurusan PSSI sebelumnya yang dipimpin Mochamad Iriawan. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berperan dalam membangun pondasi kuat Timnas Indonesia saat ini.

Sepak bola Tanah Air saat ini sedang bergairah lagi. Hal itu karena performa gemilang yang ditorehkan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News