Jabiru J430-Pakai Pertamax Plus

Jabiru J430-Pakai Pertamax Plus
Jabiru J430-Pakai Pertamax Plus
JAKARTA-Apa bahan baker pesawat Jabiru J430? Pesawat dengan empat tempat duduk berkapasitas seorang pilot dan tiga penumpang? Menurut M Jamalul Lail, siswa kelas XII SMKN 29 Jakarta, mesin pesawat berkekuatan 3300 cc ini menggunakan bahan bakar pertamax.

’’Pesawat bisa dipacu sampai ketinggian maksimal 14 ribu kaki dengan kecepatan 130 knot. Padahal, pesawat pabrikan ini hanya berkekuatan 120 knot, ini bisa terjadi karena modifikasi,’’ ujar dia.

Jika biasanya pesawat menggunakan avtur atau aviation gasoline/avgas, Jamalul mengatakan, bahan bakar mesin pesawat Jabiru J430 bisa ditukar menggunakan Pertamax Plus asal mesin belum digunakan sejak didatangkan dari pabrik. ’’Jadi, jika awalnya sudah diisi pertamax plus, tak masalah,’’ kata siswa 17 tahun tersebut.

Dengan menggunakan Pertamax, jelasnya, penggunaan bahan bakar Jabiru bisa ditekan seiritnya. Selain itu, lanjutnya, bahan bakar Pertamax Plus lebih mudah didapat dibandingkan bahan bakar khusus pesawat lainnya. Jabiru dilengkapi dua tanki bahan bakar berkapasitas total 141 liter di bagian sayap dan cadangan dikursi belakang penumpang.

JAKARTA-Apa bahan baker pesawat Jabiru J430? Pesawat dengan empat tempat duduk berkapasitas seorang pilot dan tiga penumpang? Menurut M Jamalul Lail,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News