Jadi Menteri, Puan Maharani Enggan Dilihat Sebagai Anak Megawati

Jadi Menteri, Puan Maharani Enggan Dilihat Sebagai Anak Megawati
Puan Maharani di Kompleks Istana Negara, Minggu (26/10). Anak Megawati Soekarnoputri itu diangkat sebagai Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Puan Maharani, putri Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di kabinet bentukan Presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Meski demikian, ia menampik bahwa dirinya terpilih karena titipan sang ibu yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Posisi saya bukan hanya keluarga atau anak dari Ketum Parpol. Kita harus lihat apa yang sudah saya lakukan selama ini, dalam perjuangan dan bekerja bukan hanya untuk partai kami," kata Puan di kompleks Istana Negara, Jakarta, Minggu, (26/10).

Menurut Puan namanya diusulkan oleh partainya sesuai dengan permintaan Presiden yang meminta dari setiap ketua umum parpol. Puan pun menyakini bahwa nantinya dirinya dapat dipercaya dalam bekerja. Itu karena namanya lolos dalam evaluasi dari PPATK dan KPK.

Saat ditanya soal rencana kerjanya di salah kementerian utama itu, Puan mengaku belum bisa menjelaskan karena belum ada gambaran. "Sidang kabinet pertama belum dilakukan, kita tunggu bagaimana arahan Presiden," urai Puan.

Seperti diketahui, Puan dulunya menjabat sebagai Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR RI untuk periode masa bakti 2009-2014. Di DPR, Puan Maharani berada di Komisi VI yang mengawasi BUMN, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, serta anggota badan kelengkapan dewan BKSAP (Badan Kerjasama Antar Parlemen).

Cucu dari Presiden Pertama RI, Soekarno dan anak dari Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri dari pernikahannya dengan Ketua MPR RI ke-12, Taufiq Kiemas ini sudah mengenal dunia politik sejak usia sangat muda. Ia merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia dan  meneruskan tradisi politik keluarga Soekarno. (flo/jpnn)


JAKARTA - Puan Maharani, putri Megawati Soekarnoputri terpilih menjadi Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan di kabinet


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News