JPNN.com

Jaga Wilayah Perairan Indonesia, Fadli Zon Contohkan Turki

Rabu, 08 Januari 2020 – 16:18 WIB Jaga Wilayah Perairan Indonesia, Fadli Zon Contohkan Turki - JPNN.com
Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra Fadli Zon. Foto: M. Kusdharmadi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Fadli Zon mengatakan, Badan Keamanan Laut (Bakamla) memiliki peran besar dalam menjaga wilayah perairan Indonesia, termasuk di Kepulauan Natuna. Menurut Fadli, hal ini mengingat 3/4 wilayah Indonesia merupakan lautan.

"Bakamla harusnya mempunyai peran yang cukup besar. Namanya saja Badan Keamanan Laut dan wilayah kita kan (terdiri dari) 3/4 wilayah laut," kata Fadli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (8/1).

Mantan wakil ketua DPR itu menuturkan bahwa kedaulatan Indonesia bukan hanya di darat, tetapi juga di laut. Karena itu, katanya, untuk menjaga kedaulatan Indonesia di laut maka sudah seharusnya Bakamla dilengkapi peralatan yang canggih. "Oleh karena itu perlu dilengkapi dengan perlengkapan peralatan yang memang canggih," ujarnya.

Fadli menuturkan, salah satu perlengkapan canggih yang harus diberikan kepada Bakamla adalah drone. Menurut dia, drone akan sangat memudahkan untuk melakukan pemantauan, dan biayanya relatif sangat murah.

Dia mencontohkan saat kunjungan kerja ke Turki beberapa waktu lalu, mereka bisa mengoperasikan drone tanpa awak dengan jangkauan 200-300 kilometer.

Menurutnya, Indonesia pun bisa mengoperasikan drone untuk memantau wilayah perairan. "Ya memang memerlukan satelit sarana, tetapi wilayah kita masih memungkinkan (menggunakan drone)," katanya.

Bahkan, Fadli menegaskan bahwa drone itu bisa dilengkapi dengan senjata yang cukup canggih yang dapat menembak dengan jarak empat hingga lima kilometer dari atas. "Itu salah satu cara kita untuk mengamankan," tegasnya. (boy/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...