Senin, 22 April 2019 – 03:41 WIB

Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat Selama 9 Hari, Waspada Banjir!!!

Jumat, 01 Februari 2019 – 09:52 WIB
Jakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat Selama 9 Hari, Waspada Banjir!!! - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Hidrometeorologi dari Institut Teknologi Bandung (ITB), Armi Susandi, memprediksi Jakarta akan diguyur hujan lebat (curah hujan tinggi) sepanjang awal Februari.

”Daerah Jakarta merupakan daerah yang akan berpotensi hujan tinggi pada Februari, sepuluh hari pertama pada 1-10 Februari,” ujar Armi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (31/1).

Namun, Armi belum bisa memastikan jam berapa terjadi curah hujan tinggi. Masyarakat masih perlu menunggu detail dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). ”Karena ada jangka panjang, jangka menengah dan jam-jam dari BMKG,” kata Armi.

Curah hujan yang tinggi itu pun berpotensi mengakibatkan banjir di sejumlah daerah. Wilayah yang paling berpotensi terkena banjir adalah Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan.

Dia mengatakan, intensitas hujan selama sepuluh hari pertama Februari 2019 adalah sebesar 30 sampai dengan 55 milimeter.

Selain curah hujan yang tinggi, masyarakat juga perlu mewaspadai bulan purnama, terutama yang tinggal di wilayah utara Jakarta. Sebab, kombinasi bulan purnama dan curah hujan yang tinggi berpotensi menimbulkan genangan.

”Yang jelas perlu diwaspadai curah hujan lebat pada saat bulan purnama di utara Jakarta, sehingga kombinasi ini menyebabkan potensi genangan lebih lama,” ujarnya.

Dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan wilayah Jakarta akan semakin terendam apabila ada kiriman banjir dari Bogor.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar