Jakarta Masuki Era Digitalisasi, Transaksi Belanja Beralih ke Nontunai

Jakarta Masuki Era Digitalisasi, Transaksi Belanja Beralih ke Nontunai
Contoh pembayaran nontunai melalui aplikasi JakOne Mobile. Dokumentasi: Bank DKI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya mendukung penuh inovasi dan sosialisasi terhadap pembayaran nontunai untuk meningkatkan inklusi keuangan di ibu kota. 

Hal ini diungkapkan Riza dalam kegiatan Digital Ecosystem bertajuk Cash Free Day 2022 yang diinisiatori oleh Bank DKI di Arena Thamrin 10 Food and Creative Park, Jakarta Pusat, Minggu (11/9) kemarin.

Kegiatan Cash Free Day 2022 diharapkan dapat mengedukasi masyarakat mengenai digitalisasi pembayaran yang dikembangkan di Jakarta.

Kegiatan tersebut dinilai berhasil menarik animo masyarakat Jakarta untuk dapat merasakan inovasi transaksi nontunai yang dikembangkan Bank DKI. 

"Pada awalnya, kami memang harus memperbanyak sosialisasi, memberi pemahaman, hingga diterima dan dilakukan oleh masyarakat. Ini suatu saat akan menjadi kebiasaan,” ucap Riza dalam keterangannya.

Saat ini, kata dia, teknologi berkembang begitu pesat. Berbagai aktivitas bisa dilakukan secara digital, salah satunya melalui telepon seluler, termasuk untuk bertransaksi.

Bank Indonesia telah mengembangkan digitalisasi pembayaran di Indonesia dengan meluncurkan Quick Response (QR) Code. 

QR Code digunakan untuk pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based atau mobile banking yang disebut QR Code Indonesian Standard (QRIS).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan pihaknya mendukung penuh inovasi dan sosialisasi terhadap pembayaran nontunai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News