Jalan Nasional Padang-Kerinci Tertimbun Longsor, Macet Total

Jalan Nasional Padang-Kerinci Tertimbun Longsor, Macet Total
Pengendara tidak bisa melewati jalan Nasional Padang-Kerinci karena tertimbun longsor di Nagari Lolo Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Solok, Senin. Antara/HO/Warga

jpnn.com - SOLOK SELATAN - Jalan nasional yang menghubungan Kota Padang, Sumatera Barat, dengan Kabupaten Kerinci, Jambi, tertimbun longsor di Bukit Rampung, Nagari (Desa) Lolo, Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumbar.

Akibat tertimbun longsor, jalan itu tidak bisa dilalui kendaraan.

Wali Nagari (Kepala Desa) Lolo, Aldimes Rosya mengatakan, curah hujan yang tinggi sejak Minggu (31/12/2023) malam mengakibatkan bukit longsor dan menimbun badan jalan nasional pada Senin subuh.

"Saat ini satu unit alat berat sudah mulai membersihkan material longsor," katanya saat dihubungi di Arosuka, Solok, Senin (1/1).

Dia menjelaskan terputusnya akses jalan akibat longsor mengakibatkan kemacetan panjang, terutama yang dari arah Solok Selatan.

Material longsor yang menimbun jalan nasional ini dengan ketinggian sekitar tiga meter dan panjang 15 meter.

"Ini merupakan akses satu-satunya dan tidak ada jalan alternatif lain sehingga benar-benar macet total," ujarnya.

Dia menambahkan untuk membersihkan material longsor itu akan memakan waktu cukup lama, karena sulitnya mencapi lokasi pembuangan material. 

Jalan nasional yang menghubungkan Kota Padang, Sumbar dengan Kabupaten Kerinci, Jambi, tertimbun longsor. Tidak ada jalan alternatif, jalanan macet total.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News