Jalan Panjang Menuju Bumi Manusia

Jalan Panjang Menuju Bumi Manusia
Hanung Bramantyo. Foto dok JPG/JPNN.com

jpnn.com - Ketika kuliah semester III di IKJ, Hanung Bramantyo pernah menghadap Pram, sapaan Pramoedya. Dia mengutarakan niat untuk memfilmkan Bumi Manusia, novel fenomenal yang kali pertama terbit pada 1980.

Suami aktris Zaskia Adya Mecca itu membaca karya Pram sejak SMA. ’’Baca novel Pak Pram waktu itu jadi suatu hal yang sangat keren karena bisa sembunyi-sembunyi dari aparat,’’ kenang Hanung saat pengenalan cast di Desa Gamplong, Sleman, Jogjakarta, Kamis (24/5).

Bagaimana respons Pram mendengar ucapan mahasiswa yang baru berusia 20-an tersebut? ’’Pak Pram tertawa. Lalu, dia bilang, ’Novel saya ini sudah ditawar (sutradara AS) Oliver Stone. Mohon maaf saya tidak bisa bantu kamu’,’’ kata Hanung menirukan jawaban Pram.

Saat akhirnya benar-benar ditunjuk Falcon Pictures untuk menyutradarai film Bumi Manusia, Hanung sangat bersyukur. ’’Saya fanboy Pram sejak remaja. Ini benar-benar mimpi yang terwujud,’’ tuturnya.

Salman Aristo yang digandeng Hanung untuk menggarap skenario tidak kalah excited. Dia mengerjakan naskah dengan sangat hati-hati. ’’Ini diambil dari novel mahakarya dan saya pribadi pengagum Pram,’’ ucap Salman.

Untuk mewujudkan dunia Minke yang sempurna, Hanung dan timnya bekerja sangat keras. Mereka membangun set syuting di Desa Gamplong, Sumberrahayu, Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Letaknya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Jogja. Gamplong merupakan desa wisata. Dikenal sebagai penghasil kain tenun. Di sana terdapat lahan seluas 10 hektare yang digunakan untuk set film. Namun, yang dipakai baru sekitar 2,3 hektare.

Sebelum mengenalkan cast, Hanung menunjukkan set syuting yang baru setengah jadi tersebut. Di lokasi itu, terdapat dua set utama. Yakni, bangunan-bangunan Batavia seperti benteng dan kawasan pecinan. Hanung lantas mengajak berjalan ke arah bangunan dua tingkat yang masih dikerjakan.

Novel Bumi Manusia karya sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer harus menempuh perjalanan panjang sebelum diangkat ke layar lebar

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News