Jalin Sinergi, BTN Jajaki Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang

Jalin Sinergi, BTN Jajaki Kerja Sama dengan Perusahaan Jepang
Bank BTN. Foto Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) dalam waktu dekat akan melakukan penjajakan kerja sama dengan beberapa perusahaan properti Jepang yang fokus pada perumahan.

Langkah ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan yang telah dilakukan perseroan pada Januari lalu.

Dalam lawatan kunjungan kerja Menteri BUMN ke Jepang pada 4-6 November 2020, salah satu poin yang akan dikembangkan dalam kerja sama antara Indonesia dengan Jepang.

Bagaimana ada sinergi dalam pembangunan dan pembiayaan perumahan di Indonesia, khususnya dalam memenuhi permintaan generasi muda atau para millennial, dan perumahan di perkotaan (Urban Housing).

"Ini menjadi fokus dalam pengembangan kerja sama pemerintah Indonesia dengan Jepang untuk mendukung sektor properti di Indonesia. Kami menyatakan siap bekerjasama yang diharapkan dapat direalisasi pada 2021," ujar Direktur Utama BTN Pahala Nugraha Mansury saat mendampingi kunjungan kerja Menteri BUMN Erick Tohir di Tokyo.

Ada beberapa perusahaan properti Jepang yang akan diajak untuk kerja sama. Perusahaan itu antara lain Panasonic Home. Kemudian pengembang properti lain asal Jepang yang bekerjasama dengan Perumnas, yaitu IIDA Group Holding Indonesia (IGHD-Ind).

Latar belakang kerja sama dengan pengembang asal Jepang tersebut adalah tingginya kebutuhan hunian di Indonesia.

Selain itu, dari sisi permintaan, rumah segmen menengah ke atas terus menggeliat didorong  jumlah masyarakat kelas menengah yang terus meningkat sebagai bonus demografi, jelas Pahala.

Ada beberapa perusahaan properti Jepang yang akan diajak untuk kerja sama dengan BTN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News