Jalur Lintas Selatan Jatim di Sisi Banyuwangi Digarap Dulu

Jalur Lintas Selatan Jatim di Sisi Banyuwangi Digarap Dulu
Jalur Lintas Selatan di Kabupaten Banyuwangi salah satunya terdapat di Kecamatan Glenmor Desa Karangharjo di lokasi perkebunan Kendeng Lembu. Foto: Galihcokro/Jawapos

jpnn.com, BANYUWANGI - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, pembangunan jalur lintas selatan (JLS) di sisi Banyuwangi bakal didahulukan. Sebab, sisa jalur yang perlu diselesaikan relatif lebih mudah.

”Pak Bupati (Bupati Banyuwangi Azwar Anas) mengatakan, sebenarnya dari sini tinggal tambah lintas selatan 12 kilometer itu sudah tersambung ke Jember,” ucap Rini.

Meski begitu, Rini mengaku harus menyampaikan penyelesaian jalur tersebut kepada menteri pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) terlebih dahulu.

Dengan rampungnya JLS, kata Rini, kemacetan jalan menuju Banyuwangi bakal berkurang. ”Kemarin saya lewat Gumitir, ternyata macetnya bukan main. Jadi kalau ini bisa ditambah, nanti sangat membantu,” ujarnya.

BACA JUGA: Jalan Lintas Selatan Jatim: Pacitan Mulus, yang Lain? Sabar

Terkait dengan pembangunan tol Probolinggo–Banyuwangi (Probowangi), Rini menyatakan akan meninjau ulang jalur jika melewati Situbondo. Sebab, jalur tol tersebut akan melewati tempat latihan Marinir.

”Kemarin dilihat terakhir bersama dengan tim dari Kementerian PUPR dan panglima, memang itu melewati training Marinir. Kalau masih melewati situ, kita harus bikin semacam tunnel supaya aman semuanya,” tutur Rini.

Rini berharap pembangunan JLS diutamakan. Selain sisa jalur yang tinggal sedikit, waktu pembangunan yang lebih cepat menjadi alasan untuk mengutamakan JLS tersebut.

Pembangunan jalur lintas selatan alias JLS di sisi Banyuwangi bakal didahulukan karena relatif lebih muda.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News