Jalur Pantura Belum Siap

Jalur Pantura Belum Siap
Jalur Pantura Belum Siap
JAKARTA-Kelancaran arus mudik Lebaran 2012 masih memprihatinkan. Sejumlah titik masih belum siap untuk dilalui kendaraan para pemudik, khususnya dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seperti yang terlihat di Pemalang, Jawa Tengah. Perbaikan jalur mudik dilingkar utara terancam molor karena pengerjaannya belum juga rampung. Perbaikan dan pelebaran jalur lingkar utara Pemalang, Jawa Tengah sepanjang 900 meter ini terus dikebut.

 

Selain itu, pembangunan sebuah jembatan di jalur ini juga masih dalam proses pembuatan tanggul dan pondasi. Molornya perbaikan jalur ini dikhawatirkan akan menjadi titik kemacetan di jalur utama Pantura Pemalang saat arus mudik lebaran nanti. Jalur lingkar pemalang ini merupakan jalur vital dan padat saat arus mudik maupun arus balik lebaran.

Demikian juga perbaikan dua titik jembatan di jalur utama Tuban-Bojonegoro, Jawa Timur. Masih belum ada tanda penyelesaian. Pasalnya, perbaikan ini baru mencapai 40 persen atau masih tahap proses penataan lempeng beton. Dikhawatirkan perbaikan jembatan ini tidak selesai sepekan menjelang arus mudik Lebaran.

Namun pelaksana proyek Heri Susanto, optimis, mampu menyelesaikan perbaikan jembatan dalam sepekan ke depan. ”Kita ngebut, kami memberlakukan sistem kerja lembur selama 24 jam biar target tercapai,” katanya. Menurutnya, perbaikan jalan tersebut akan kelar sebelum masa mudik Lebaran mendatang.

Di bagian lain, jalan di Pantura yang masih rusak adalah ruas jalur alternatif Tegal, Pemalang yang melewati rute dari Larangan, Kramat, Balamoa, Kedung Banteng, Warurejo, tembus ke perbatasan Pemalang. Ruas jalur sepanjang kurang lebih 30 kilometer ini dipenuhi lubang dan bergelombang antara lain di Desa Karangmalang, Sigentong dan Warurejo.

JAKARTA-Kelancaran arus mudik Lebaran 2012 masih memprihatinkan. Sejumlah titik masih belum siap untuk dilalui kendaraan para pemudik, khususnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News