Jalur Road Bike di JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang Masih Dievaluasi

Jalur Road Bike di JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang Masih Dievaluasi
Ilustrasi - pengguna road bike saat acara GBK iROCS 2019. Foto: dokumen GBK iROCS

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta masih mengevaluasi penggunaan jalan layang non-tol (JLNT) Kampung Melayu - Tanah Abang untuk jalur road bike secara rutin tiap akhir pekan.

Uji coba jalur road bike di JLNT itu sudah dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) DKI bersama Ditlantas Polda Metro Jaya (PMJ) pada Minggu (23/5).

Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, penggunaan JLNT bagi pengguna road bike dilakukan untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan.

"Diketahui sebelum ada lintasan ini para penggiat sepeda, khususnya road bikers beraktivitas di ruang lalu lintas dengan kecepatan tinggi bersama dengan kendaraan bermotor," kata Syafrin, Minggu.

Kondisi itu mengakibatkan seringnya terjadi kecelakaan lalu lintas melibatkan pesepeda di ruas jalan protokol ibu kota.

"Hadirnya lintasan road bike ini merupakan wujud pemerintah hadir di tengah-tengah animo masyarakat untuk menjadikan sepeda sebagai alat mobilitas harian," ujar Syafrin.

Namun demikian, penggunaan JLNT Kampung Melayu - Tanah Abang sebagai jalur rutin untuk pengguna road bike masih dievaluasi sebelum diberlakukan secara rutin tiap Sabtu dan Minggu pagi.

Beberapa poin penting yang menjadi perhatian antara lain aspek keamanan bagi pesepeda, teknis operasional hingga perbaikan fasilitas.

Pemprov DKI Jakarta masih mengevaluasi pemberlakukan jalur road bike di JLNY Kampung Melayu - Tanah Abang tiap akhir pekan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News