Jam Belajar Sekolah di Palembang Bakal Dikurangi Selama Ramadan

Jam Belajar Sekolah di Palembang Bakal Dikurangi Selama Ramadan
Kegiatan belajar siswa salah satu sekolah di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah)

jpnn.com, PALEMBANG - Dinas Pendidikan Kota Palembang menetapkan kebijakan mengurangi jam belajar di SD dan SMP di daerah itu selama Ramadan 1444 Hijriah/2023.

"Melalui surat edaran bernomor 420/4859/Disdik/2023 tanggal 15 Maret 2023, kami menetapkan jam belajar siswa selama Ramadan dikurangi selama 10 menit untuk tiap mata pelajaran," kata Kepala Dinas Pendidikan Palembang Ansori, Kamis (16/3).

Dia menjelaskan pengurangan jam belajar tersebut dikompensasikan dengan kegiatan rohani yang berlangsung intensif di sekolah tingkat menengah.

Hal tersebut berlaku untuk seluruh sekolah negeri dan swasta. Termasuk sekolah swasta nonmuslim dengan tujuan menyesuaikan kondisi fisik siswa yang berpuasa.

Tujuan pengurangan jam belajar itu agar selama bulan puasa siswa bisa pulang lebih cepat, banyak beristirahat dan bagi yang menjalankan ibadah puasa dapat memaksimalkan ibadahnya.

Selain itu, pihak sekolah diminta menciptakan suasana khidmat dan religius sehingga dapat memberikan kesempatan kepada siswa menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk.

Kegiatan keagamaan diminta lebih diintensifkan di setiap sekolah pada Maret dan April 2022.

Mengenai bentuk kegiatan keagamaan apa saja yang dilakukan di sekolah selama Ramadan, katanya, silakan disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan setiap sekolah.

Dinas Pendidikan Kota Palembang memutuskan untuk mengurangi jam belajar sekolah selama Ramadan.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News