Jamaah Asal Makassar Positif Terinfeksi Virus MERS

Jamaah Asal Makassar Positif Terinfeksi Virus MERS
Jamaah Asal Makassar Positif Terinfeksi Virus MERS

jpnn.com - JAKARTA - Jumallang Kaneng Lejja, jamaah umrah asal Makassar positif terjangkit virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau yang lebih dikenal dengan sebutan MERS-CoV. Kini, pria berusia 84 tahun itu tengah mendapatkan penanganan intensif di RS King Fahd, Jeddah, Arab Saudi.

Berdasarkan laporan KJRI Jeddah, Jumallang masuk rumah sakit sejak 28 April 2014 diantar anaknya yang bernama Syafrudin. Saat itu Jumallang mengeluh sakit di bagian dada dan dinyatakan positif  terinveksi virus  MERS-CoV.

"Saat ini pasien dalam perawatan intensif di ruang isolasi RS King Fahd Jeddah," ucap Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Jeddah, Syarif Shahabudin melalui siaran pers, Sabtu (10/5),

Syarif menjelaskan, pihak RS memastikan bahwa kondisi kesehatan Jumallang berangsur baik. Anak laki-laki Jumallang juga akan diperiksa untuk dipastikan apakah juga terindikasi gejala virus MERS-CoV. Rencananya, pemeriksaan akan dilaksanakan Minggu (11/5) besok.

KJRI Jeddah hingga saat ini terus memantau dari dekat penanganan kasus ini. Pihak KJRI terus berkoordinasi dengan pihak RS dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Pada saat bersamaan, upaya-upaya diseminasi informasi  juga terus dan secara intensif dilakukan untuk meningkatkan pemahaman serta kewaspadaan masyarakat Indonesia mengenai bahaya virus MERS-CoV yang belum ditemukan vaksinnya tersebut," papar Syarif.

Untuk diketahui, virus MERS-CoV muncul pertama kali di Arab Saudi pada tahun 2012. Sejak kemunculannya, ada 463 orang yang menjadi korban dan 126 orang diantaranya meninggal dunia.

Otoritas Arab Saudi telah mengeluarkan himbauan agar para calon jamaah haji maupun umroh yang telah berusia di atas umur 65 tahun, anak-anak di bawah umur 6 tahun, wanita hamil serta orang yang memiliki catatan penyakit kronis untuk menunda perjalanannya ke Arab Saudi.(dil/jpnn)


JAKARTA - Jumallang Kaneng Lejja, jamaah umrah asal Makassar positif terjangkit virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) atau yang lebih dikenal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News