Jangan Abaikan 6 Gejala Penyakit Jantung Ini

Jangan Abaikan 6 Gejala Penyakit Jantung Ini
Penyakit jantung. ILUSTRASI. Foto: Laman MSN

jpnn.com - Penyakit jantung adalah istilah yang mencakup berbagai masalah kardiovaskular. Beberapa kondisi yang berada di bawah payung penyakit jantung meliputi aritmia, ateroskleoris, kardiomiopati, kelainan jantung bawaan, penyakit jantungkoroner, dan infeksi jantung. Namun, tipe penyakit jantung yang paling sering terjadi adalah penyakit jantung koroner.

Gejala penyakit jantung bervariasi tergantung dari jenis penyakit jantung yang Anda alami. Dilansir Healthline, berikut jenis-jenis penyakit jantung serta gejalanya: 

1. Aritmia

Aritmia adalah irama jantung yang tidak normal. Sebagian besar aritmia tidak membahayakan, tapi beberapa bisa serius. Gejalanya meliputi:

Detak jantung terlalu cepat atau terlalu pelan dari biasanya
Pusing
Jantung berdebar atau berdetak kencang
Denyut nadi lambat
Nyeri dada

2. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah suatu kondisi pengerasan arteri yang disebabkan oleh timbunan plak. Sebagian besar gejala aterosklerosis tidak muncul sampai penyumbatan terjadi. Gejala umumnya berupa:

Nyeri dada atau angina
Rasa sakit di kaki, lengan, atau bagian tubuh lain yang memiliki arteri tersumbat
Sesak napas
Kelelahan
Kebingungan (jika penyumbatan memengaruhi sirkulasi ke otak)
Kelemahan di otot kaki

Tidak pernah ada kata terlambat untuk memulai pola hidup sehat. Jika Anda memiliki ciri-ciri atau gejala penyakit jantung di atas, jangan sungkan segera periksa ke dokter.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News