Jangan Sampai Kalap, ini 5 Kiat Memilih Makanan Diskon

Jangan Sampai Kalap, ini 5 Kiat Memilih Makanan Diskon
Hari Belanja Diskon Indonesia. Foto: source

jpnn.com - Label diskon besar yang ada di setiap sudut restoran, toko roti tentu sangat menyilaukan mata. Anda yang tidak punya rencana belanja, menjadi tertarik mengambil satu item makanan diskon. Lumayan, tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk setangkup roti atau secangkir kopi yang sangat nikmat.

Dalam satu bulan, mungkin ada lebih dari satu toko yang menjajakan makanan atau minuman dengan harga miring. Memanfaatkan promosi dari toko-toko tersebut sah-sah saja. Namun, apakah makanan yang Anda beli dengan harga diskon tersebut merupakan makanan sehat dan aman?

Bagaimana bila jajanan itu hanya akan menambah berat badan Anda? Sebelum salah membeli, Anda perlu menyimak kiat memilih makanan diskon yang sehat berikut ini:

1. Memahami keterangan “Use-By”, “Sell-By”, dan “Best-By”.

Hati-hati saat membeli makanan kemasan dengan harga murah di pusat perbelanjaan, terutama daging, yoghurt, susu, saus, dan lainnya. Anda perlu memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari makanan tersebut. Selain itu, Anda perlu memahami keterangan lain seperti “Use-By”, “Sell-By,” dan “Best-By”.

Menurut Bob Brackett, Ph.D., direktur di Institute for Food Safety and Health, Illinois Institute of Technology, Amerika Serikat, seperti ditulis Women’s Health, “Use-By” adalah tanggal saat kualitas produk mulai menurun dengan cepat, sehingga perlu memperhatikan keamanannya.

Sementara itu, Sell-By adalah tanggal untuk memberi tahu pedagang tentang sampai kapan mereka dapat memajang makanan atau minuman kemasan di rak toko. Sedangkan, Best-By adalah tanggal ketika kualitas makanan menurun. Meski begitu, makanan itu masih aman dikonsumsi.

2. Lebih teliti sebelum membeli roti.

Dalam satu bulan, mungkin ada lebih dari satu toko yang menjajakan makanan atau minuman dengan memberikan diskon besar-besaran.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News