Janjikan Beasiswa untuk Guru dan Siswa SMAN 1 Matauli

Janjikan Beasiswa untuk Guru dan Siswa SMAN 1 Matauli
Janjikan Beasiswa untuk Guru dan Siswa SMAN 1 Matauli

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan SMA Negeri 1 Matauli Pandan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara, akan mendapatkan fasilitas pendidikan dari pemerintah, baik pusat maupun pemerintah daerah.

Hal ini dikatakan Nuh usai menyaksikan penandatanganan kerjasama bidang pendidikan antara Dinas Pendidikan Tapteng dengan pihak Yayasan Maju Tapian Nauli yang menaungi sekolah tersebut di kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (28/2).

Diketahui, Yayasan dan sekolah tersebut dirikan oleh mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Alm. Feisal Tanjung dan Dr. Ir Akbar Tandjung bersama sejumlah tokoh di Sumut tahun 1994, di atas lahan 18 hektar. Hingga kini, yayasan itu sudah meluluskan 4.253 orang siswa atau 17 angkatan. Sedangkan penerimaan tahun ini masuk angkatan ke 21.

"Peran masyarakatnya kan luar biasa, sekolah negeri didukung (didirikan) oleh Yayasan. Kementerian bersyukur dan akan memberikan peluang yang sama dengan sekolah lain. Karena ini partisipasi masyarakat, pemerintah akan berikan dukungan penuh," kata M Nuh.

Dukungan apa saja yang akan diberikan untuk SMAN 1 Matauli Pandan? Menurut Mendikbud, dukungan itu mulai dari pendidikan untuk para gurunya yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang Strata (S2), beasiswa bagi siswanya yang berasal dari keluarga tidak mampu hingga infrastruktur.

"Anak yang tidak mampu di sekolah itu kalau dia lulus kita beri kesempatan penuh masuk program Bidikmisi (Beasiswa untuk siswa miskin), infrastruktur, laboratorium, kegiatan-kegiatan, termasuk lomba-lomba internasional, kami fasilitasi untuk mengikuti," jelas Menteri asal Jawa Timur itu.

Sementara itu, Akbar Tandjung, pendiri yayasan yang hadir pada kesempatan itu mengatakan kerjasama yang dilakukan dengan pemerintah kali ini merupakan tindaklanjut dari kerjasama 20 tahun lalu antara Menteri Pendidikan kala itu, Wardiman Djojonegoro dengan pihak yayasan.

"Yayasan dan sekolah ini sudah 20 tahun dan sudah banyak lulusan yang tersebar di berbagai perguruan tinggi terbaik, UI, ITS, UNPAD, Akademi Militer, Akpol, STPDN dan sudah ikut berkiprah dalam pembangunan bangsa," kata politikus Partai Golkar itu.

JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh memastikan SMA Negeri 1 Matauli Pandan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News