Jantung Siti Berhasil Dimasukkan ke Rongga Dada

Jantung Siti Berhasil Dimasukkan ke Rongga Dada
Jantung Siti Berhasil Dimasukkan ke Rongga Dada
JAKARTA - Melalui operasi tahap kedua yang dilakukan pada pekan lalu, tim dokter Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita berhasil memasukkan seluruh jantung Siti Arrahmah, bayi penderita Ectopia Cordis (jantung di luar tubuh) ke dalam rongga dada yang tadinya baru dimasukkan 50 persen pada operasi pertama.

‘’Sekarang jantungnya (Siti Arrahmah) sudah masuk seluruhnya ke dalam rongga dada setelah melalui operasi tahap kedua Selasa (27/9) pekan lalu,’’ ujar Ketua tim dokter yang menangani Siti dr Rudy Firmansyah dalam jumpa pers di RSAB Harapan Kita, Jakarta, Senin (3/10).

Meskipun demikian, ternyata keberhasilan itu menyisakan masalah tersendiri, sebab dokter harus membuang sebagian tulang iga dan tulang dadanya yang tentu saja akan membuat pernapasannya bermasalah saat bayi itu hingga tumbuh dewasa.

‘’ Ini (jantung) pada operasi pertama kan tidak bisa dimasukkan seluruhnya ke dalam, karena tidak cukup ruang. Namun ketika tulang iga dan tulang dadanya diambil, baru jantungnya bisa masuk ke dalam. Memang pernapasannya akan teganggu dengan di buangnya sebagian tulang iga dan dadanya itu, tapi itu adalah pilihan terbaik kita,’’ terang Rudi yang saat itu di dampingi langusng oleh Dirut RSAB Harapan Kita, Hermien wijayati.

JAKARTA - Melalui operasi tahap kedua yang dilakukan pada pekan lalu, tim dokter Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita berhasil memasukkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News