JPNN.com

Jasa Besar Anjing Liar Bagi Kelestarian Lahan Australia, Ternyata

Jumat, 26 Februari 2021 – 23:42 WIB
Jasa Besar Anjing Liar Bagi Kelestarian Lahan Australia, Ternyata - JPNN.com
Pagar untuk membatasi ruang gerak anjing liar jenis dingo, membentang dari Australia Selatan hingga ke Queensland. (Supplied: Mike Letnic)

jpnn.com - Anjing liar jenis dingo ternyata berperan besar dalam menjaga vegetasi lahan di Australia. Lahan pertanian yang tidak memiliki hewan liar ini umumnya lebih tandus.

  • Peneliti mengamati foto-foto satelit dari pagar penjaga anjing liar yang membentang dari Australia Selatan hingga ke Queendland
  • Selama tiga dekade terakhir, terlihat perbedaan mencolok antara lahan lahan hijau dan lahan tandus di kedua sisi pagar tersebut
  • Di sisi pagar yang tidak ada anjing liarnya, lahan pertanian tampak lebih tandus

     

 

Demikian kesimpulan dari penelitian dan pengamatan yang berlangsung selama tiga dekade terhadap keberadaan pagar penjaga anjing liar yang membentang dari sisi Selatan ke Utara Australia.

Pagar tersebut mulai dibuat pada tahun 1800-an silam dan merupakan salah satu struktur terpanjang di dunia.

Pembuatan pagar ini bertujuan untuk menjaga hewan ternak dari serangan dingo yang terkenal ganas.

Para peneliti dari Universitas New South Wales (UNSW) selama tiga dekade terus mengamati keberadaan pagar yang membentang di timur dan tenggara benua Australia.

Namun bukan struktur pagar kawat itu yang menarik perhatian peneliti Mike Letnic dan Adrian Fisher, melainkan perbedaan vegetasi yang mencolok di kedua sisi pagar.

"Tahun demi tahun, terlihat semakin banyak tutupan vegetasi di lahan yang ada dingo di sisi Australia Selatan dan Queensland," jelas Profesor Mike Letnic.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...