Jateng Gencar Tanam Sirih

Jateng Gencar Tanam Sirih
Jateng Gencar Tanam Sirih
BADAN Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jawa Tengah (Jateng), beberapa bulan terakhir gencar membudidaya tanaman sirih. Alasannya, karena komoditas tersebut  memilki nilai ekonomi tinggi. Daun dan batang tanaman tersebut, bisa menghasilkan berbagai jenis obat yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini disampaikan Motifator pengembangan tanaman sirih di Jateng, Sadiman Al Kundarto, kepada wartawan saat berkunjung ke Kabupaten Tegal, JUmat (23/11).

Menurutnya, Pemerintah Jateng melalui Balitbang mulai mengembangkan budidaya tanaman sirih pada tahun 2012. Untuk sementara, daerah yang sudah mulai menanam hingga berhasil panen antara lain, Cilacap, Batang, Pemalang, dan Klaten. Ia mengungkapkan, bahwa tanaman itu memiliki nilai ekonomi tinggi, sehingga bisa mengangkat ekonomi di wilayah Jateng. Adapun jenis tanaman yang saat ini dikembangkan adalah, sirih hijau. Sebab, jenis sirih itu lebih mudah perawatannya dan tidak mudah terserang hama.

"Tanaman sirih bisa hidup diberbagai jenis tanah di Indonesia. Ketinggian tanah mulai dari 0 meter sampai dengan 800 meter dari permukaan air laut. Saat ini baru ada 11 negara yang mulai mengembangkan tanaman itu," cetusnya.

Dirinya tak menampik, kebutuhan daun sirih di wilayah Pantura saat ini masih belum tercukupi. Hal itu karena pasokan dari petani masih minim. Yakni sekitar satu ton per hari. Padahal kebutuhannya, bisa mencapai delapan ton per hari. "Wilayah Pantura, masih didominasi dari Pemalang, dan Batang. Sedangkan untuk Tegal dan sekitarnya, masih minim. Bahkan belum ada yang memasoknya," imbuhnya.

BADAN Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Jawa Tengah (Jateng), beberapa bulan terakhir gencar membudidaya tanaman sirih. Alasannya, karena komoditas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News