Jateng Kebut Testing Harian Kasus Covid-19

Jateng Kebut Testing Harian Kasus Covid-19
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Penurunan angka kasus cocid-19 di Provinsi Jawa Tengah tak mengendurkan target pelacakan ( tracing) dan pengetesan ( testing) di wilayah tersebut.

 Pj Sekda Jateng, Prasetyo Aribowo dalam paparannya saat rapat penanganan Covid-19  menerangkan rasio tracing dan testing di Jateng justru terus digenjot.

Pada minggu ke-36 saat ini saja, rasio testing di Jateng mencapai 217,58 persen.

"Jumlah itu meningkat dari minggu ke-35 kemarin yang hanya 147,77 persen. Dan kalau dilihat dari testing harian, pada tanggal 12 September kemarin testing kita mencapai 258,90 persen dalam sehari," katanya.

Menurutnya, terdapat beberapa daerah di Jateng yang mencapai rasio testing lebih dari 100 persen. Hanya tersisa tujuh kabupaten/kota yang ratio testing masih di antara 50-100 persen.

"Tapi tidak ada daerah yang rasio testing nya di bawah 50 persen," jelasnya.

Sementara untuk tracing, terdapat enam kabupaten/kota yakni Kudus, Jepara, Batang, Rembang, Klaten dan Temanggung yang sudah memenuhi rasio tracing dengan skema yakni 15 orang per satu kasus positif. Sementara daerah lainnya masih belum mencapai rasio itu.

"Untuk itu kami minta tracing ditingkatkan agar sesuai rasio yang ditentukan," jelasnya.

Pj Sekda Jateng, Prasetyo Aribowo dalam paparannya saat rapat penanganan Covid-19 menerangkan rasio tracing dan testing di Jateng justru terus digenjot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News