Java Jazz Festival Kali Ini Bersama Santana

Java Jazz Festival Kali Ini Bersama Santana
Tompi menghibur penikmat jazz di acara Java Jazz Festival 2017. Foto Fandi Permana/jpnn.com
Cukup lama ditunggu-tunggu oleh para pecinta musik jazz khususnya, akhirnya event ke-7 Java Jazz Festival (JJF) kembali hadir. Seperti biasa, JJF 2011 yang digelar sepanjang Jumat hingga Minggu, 4-6 Maret 2011, di lokasi JI Expo, Kemayoran ini, menghadirkan pula sederet nama kondang di kancah musik internasional. Salah satunya adalah gitaris legendaris Carlos Santana.

Selain Santana, dalam ajang tajaan Java Festival Production (JFP) yang masih menggandeng Axis sebagai sponsor utamanya ini, juga masih ada sederet nama internasional lain. Antara lain yakni George Benson, Corrine Bailey Rae, Fourplay, Roy Hargrove, Joey DeFrancesco, Sondre Lerche, serta sejumlah besar performer lain dari berbagai negara di dunia.

Panitia mengklaim, ada tak kurang dari 40 performers asing di ajang kali ini, yang berasal dari 14 negara. Dari tanah air sendiri, dipastikan para musisi besar jazz maupun yang bukan, tak akan ketinggalan kembali hadir untuk menampilkan permainan-permainan musik memikat mereka. Sebut saja mulai dari Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Barry Likumahuwa, Indro Hardjodikoro, Bubi Chen, Oele Pattiselano, Benny Mustafa, Erwin Gutawa, Fariz RM, Iwan Hasan, Tompi, Sandhy Sondoro, Andien, Dira J Sugandi, Maliq N D' Essentials, Endah N Rhesa, dan lain sebagainya.

Antusiasme musisi tanah air untuk tampil di ajang ini dari tahun ke tahun, memang senantiasa besar. Kepada media massa belum lama ini misalnya, Andien yang tercatat bakal tampil lebih dari satu kali di JJF kali ini, bahkan menyebut harus menyediakan waktu khusus untuk bersiap (berlatih dan lain-lain) menjelang JJF 2011 ini. Demikian pula dengan sejumlah musisi muda berbakat lainnya, seperti David Manuhutu dan rekan-rekannya yang tergabung dalam Indonesian Youth Regeneration misalnya.

Dalam kesempatan konferensi pers JJF 2011 di Hotel Borobudur, Rabu (2/3) sore, Dewi F Gontha mewakili pihak JFP menyebut bahwa di ajang yang sudah mereka adakan untuk ketujuh kalinya ini, pihak penyelenggara berupaya untuk lebih fokus pada penataan hal-hal detail yang menunjang peningkatan kualitas event. Apalagi, sebagaimana ditekankannya pula dalam kesempatan sebelumnya, ini merupakan kali kedua JJF digelar di lokasi JI Expo yang relatif masih perlu penyesuaian dalam konteks menarik minat pengunjung - terutama dari faktor kenyamanan.

Sementara itu, sejumlah pihak pendukung dan mitra JJF 2011 yang turut hadir, sama-sama mengungkapkan antusiasme tinggi dan kebanggaannya karena kembali terlibat dalam event musik besar ini. Mulai dari pihak Axis selaku sponsor utama, Bank BNI, hingga unsur Kementerian Budaya dan Pariwisata, Kementerian Perdagangan, Pemprov DKI, serta pendukung lainnya. Hal itu terutama karena gaung JJF sebagai salah satu kebanggaan Indonesia, yang memang sudah diakui dunia dan dengan temanya kali ini yaitu "Remarkable Indonesia: Harmony Under One Nation", kian besar saja mengundang perhatian dari pecinta musik pada umumnya. (cha/jpnn)

Cukup lama ditunggu-tunggu oleh para pecinta musik jazz khususnya, akhirnya event ke-7 Java Jazz Festival (JJF) kembali hadir. Seperti


Redaktur & Reporter : Arwan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News