Jay Wijayanto Bangga Perankan Bang Zaitun

Jay Wijayanto Bangga Perankan Bang Zaitun
Foto: Zulhakim/JPNN.
JAKARTA - Dalam sekuel film Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, ada tokoh unik bernama Bang Zaitun. Tokoh ini digambarkan enerjik, penuh semangat dan percaya diri, dengan busana retro khas tahun 70-an. Sepasang sepatu kulit mengkilat, celana cut-bray sempit berujung lebar, dengan baju batik ketat berwarna mencolok di bagian atas, kerap digunakannya. Dalam novel aslinya, Zaitun bahkan disebut bergigi perak dan merupakan pimpinan orkes Melayu yang manggung dari kampung ke kampung.

Sosok ini terlihat "norak" untuk ukuran gaya berbusana dan tampilan pemuda zaman sekarang memang. Terlebih saat ia melantunkan sebuah tembang Melayu, untuk menggoda seorang perempuan yang baru saja selesai mandi. Tayangan yang membuat penonton terpingkal-pingkal, karena melihat tampilan sang artis dengan rambut mengkilat berminyak itu.

Namun di balik tampilan "norak" itu, aktor Jay Wijayanto yang memerankan tokoh tersebut mengaku sangat bangga dengan perannya kali ini. Menurutnya, ada yang istimewa dari karakter nyata yang disadur dari novel best seller penulis Andrea Hirata tersebut. Hal itu menurutnya adalah kepercayaan diri seorang pemuda Melayu akan identitas dirinya, yang mempertahankan budaya aslinya.

"Zaitun itu begitu bangga dengan musik Melayu," ujarnya, di sela-sela acara nonton bareng film yang dibintanginya itu, di studio XXI Plaza Senayan, Jakarta, Senin (21/12) malam.

JAKARTA - Dalam sekuel film Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, ada tokoh unik bernama Bang Zaitun. Tokoh ini digambarkan enerjik, penuh semangat dan percaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News